Advertisement

Program Donasi Buku Digulirkan di Jogja, Beri Kemudahan Akses Bacaan Berkualitas

Sunartono
Rabu, 05 Juni 2024 - 22:02 WIB
Sunartono
Program Donasi Buku Digulirkan di Jogja, Beri Kemudahan Akses Bacaan Berkualitas Penyaluran program donasi buku untuk perpustakaan yang dikelola masyarakat di Jogja. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masyarakat perlu didekatkan dengan perpustakaan berisi buku yang berkualitas agar meningkatkan minat baca mereka. Meski demikian menyediakan buku yang berkualitas pada perpustakaan yang didirikan masyarakat bukan perkara mudah.

Penyediaan buku berkualitas dalam jumlah banyak untuk perpustakaan berbasis masyarakat tentu butuh dana besar. Sehingga pengadaan buku di perpustakaan tidak cukup hanya mengandalkan internal perpustakaan tersebut, namun juga dari eksternal.

Advertisement

BACA JUGA : BEDAH BUKU DPAD DIY Orang Tua Harus Update Kemampuan Parenting

Keterbatasan jumlah buku berkualitas sangat mempengaruhi tingkat literasi dan keberhasilan para siswa. Belum lagi buku yang tersedia saat ini belum sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu Deepublish menggandeng Laizmu menginisiasi program donasi buku yang berjalan sejak Ramadan 2024 lalu.

"Program ini bertujuan untuk menyediakan buku-buku yang berkualitas bagi masyarakat dan bisa diakses dengan mudah. Sebab, semua buku akan diserahkan ke sejumlah perpustakaan dan taman baca. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca di masyarakat. Sehingga kualitas SDM di Indonesia juga turut meningkat, untuk sukses menuju Indonesia Emas 2045," kata Manager Departemen Ecosystem Development Deepublish Mita Nurwita Sari, Rabu (5/6/2024).

Ia menambahkan program ini menyediakan buku berkualitas yang dibutuhkan masyarakat. Buku yang diserahkan ke sejumlah perpustakaan dan taman baca adalah karya para ahli di bidangnya sekaligus memiliki konten dan isi sesuai standar terbitan buku.

Adapun penyerahan donasi buku telah dilakukan pada Rabu, 22 Mei 2024 dengan jumlah mencapai ratusan eksemplar. Ratusan buku gratis ini didonasikan di Perpustakaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah BSKM (Bulaksumur-Karangmalang) dan TBM Kuncup Mekar Gunungkidul.

"Program diharapkan tidak hanya dilakukan kali ini saja. Kami upayakan bisa terus bisa berjalan ke depan, tidak hanya area Jogja namun beberapa kota lain dalam membantu pengadaan buku di lebih banyak perpustakaan dan taman baca," ujarnya.

Donasi buku digulirkan sekaligus berkontribusi memajukan tingkat literasi di Indonesia. Sehingga masyarakat mendapatkan pilihan bacaan lebih beragam sekaligus mudah diakses, karena cukup mendatangi perpustakaan dan taman baca di dekat rumah mereka.

"Program ini tentu saja bisa terus berjalan jika didukung oleh semua pihak, salah satunya dari para penulis yang peduli dengan kemajuan tingkat literasi di Indonesia. Karya para penulis ini nantinya juga akan menjadi bagian dari program donasi buku," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement