Advertisement

Satu Jemaah Haji Sleman Batal Berangkat ke Tanah Suci di Tahun Ini

David Kurniawan
Rabu, 05 Juni 2024 - 18:37 WIB
Maya Herawati
Satu Jemaah Haji Sleman Batal Berangkat ke Tanah Suci di Tahun Ini Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah Sleman memastikan ada seorang jemaah calon haji yang gagal berangkat ke Tanah Suci di tahun ini. Jemaah tidak bisa diberangkatkan karena alasan Kesehatan.

“Satu orang sakit sehingga ditunda keberangkatannya di tahun depan,” kata Kepala Kemenag Sleman, Sidik Pramono kepada wartawan, Rabu (5/6/2024).

Advertisement

Dia menjelaskan, pada awalnya ada empat jemaah yang tertunda keberangkatannya. Para jemaah ini berasal dari kloter 48 dan 53 yang terdiri dari pasangan suami istri. “Yang sakit suaminya hingga sang istri menemani pada saat dirawat di rumah sakit,” katanya.

Menurut Sidik, untuk dua jemaah yang tergabung dalam kloter 48 sudah bisa diberangkatkan ke Tanah Suci karena kondisinya sudah membaik. Namun, untuk satu jemaah di kloter 53 terpaksa tidak bisa diberangkatkan tahun ini.

Meski tidak menyebutkan secara pasti penyakit yang diderita jemaah ini, ia mengakui keberangkatan ditunda hingga tahun depan. “Jadi kesehatannya tidak memungkinkan untuk menjalankan prosesi ibadah haji. Dikarenakan masalah ini, maka sang istri yang sempat menemani saat menjalani perawatan, maka berangkat ke Tanah Suci sendiri,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ngeri, Penduduk Indonesia Terbanyak di Dunia Jadi Pengonsumsi Mikroplastik

Ditambahkan Sidik, dari 1.253 jemaah yang berangkat di tahun ini, sebagian besar sudah berada di Tanah Suci. Pasalnya, Jemaah yang tergabung dalam enam kloter ini, tinggal satu kloter terdiri dari 35 orang yang rencana pemberangkatannya pada 9 Juni mendatang. “Jemaah ini masuk kloter 100. Untuk calon haji lainnya sudah sampai di Arab Saudi,” katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan perjalanan ke Tanah Suci merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap rida Allah SWT semata. Ia juga meminta kepada jemaah menjaga Kesehatan karena kondisi di Tanah Suci berbeda jauh dengan di kampung halaman.

“Niatkan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Yang tak kalah penting, Kesehatan harus terus dijaga,” kata Kustini.

Ia juga berharap selama penyelenggaraan ibadah, jemaah asal Sleman diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga dapat pulang ke tanah air dengan selamat. “Semoga menjadi haji yang mabrur,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: 12 Orang Meninggal Akibat Tanah Longsor Tambang Ilegal Solok

News
| Sabtu, 28 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement