Advertisement

Hari Lanjut Usia Nasional, Ratusan Lansia di Sleman Ikuti Jalan Sehat

Catur Dwi Janati
Sabtu, 08 Juni 2024 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Hari Lanjut Usia Nasional, Ratusan Lansia di Sleman Ikuti Jalan Sehat Suasana peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2024 pada Sabtu (8/6/2024) di Lapangan Pemda Sleman. - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2024, ratusan lansia di Sleman serentak mengikuti jalan sehat bersama.
Dengan Angka Harapan Hidup yang mencapai 75,04, langkah untuk menjaga kemandirian dan kesehatan lansia dianggap masih menjadi aspek yang penting. 

BACA JUGA: Muhammadiyah Pindahkan Dana Jumbo dari BSI ke Bank-bank Ini

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menuturkan peringatan HLUN merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada lansia. Mempertahankan kemandirian dan kesehatan lansia dinilai Kustini sangat penting. 

Advertisement

Menurut Kustini, kualitas kesehatan dan kemandirian lansia tidak hanya berdampak bagi individu, namun juga bagi keluarga dan masyarakat luas.

"Peringatan Lansia Tahun 2024 mengangkat tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat. Oleh karena itu perlu kita wujudkan Lansia Tangguh dalam 7 Dimensi yakni spiritual, fisik, intelektual, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional dan lingkungan," tutur Kustini pada Sabtu (8/6/2024) di Lapangan Pemda Sleman.

Berdasarkan catatan Kustini jumlah lansia di Sleman saat ini sebanyak 168.527 orang. Jumlah tersebut setara 15 persen dari total jumlah penduduk Sleman. 

Tingginya populasi lansia dinilai Kustini merupakan berita baik. Lantaran Angka Harapan Hidup di Sleman mencapai 75,04 yang merupakan angka tertinggi dibandingkan kabupaten atau kota lain di Indonesia.

"Pemkab Sleman berupaya agar tidak hanya usia harapan hidup di Sleman tinggi, tetapi juga kualitas hidup, kesehatan, kondisi perekonomiannya bagus serta kemandirian para lansianya juga tinggi," tandasnya. 

BACA JUGA: KPK Amankan Uang Miliaran Hingga Puluhan Kendaraan dari Kasus Gratifikasi Bupati Kukar

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Mustadi menambahkan peringatan HLUN Kabupaten Sleman 2024 mengusung tema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat." Sejalan dengan tema tersebut, peringatan HLUN Sleman 2024 diisi dengan Seminar Kesehatan Lansia, Posbindu Kesehatan Lansia, Fun Games bagi Lansia dan Jalan Sehat.

"Kegiatan hari ini diikuti 170 anggota Kelompok Lintas Generasi (KLG), 18 Pendamping KLG serta 20 Lansia dampingan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk lansia baik dari segi fisik, mental maupun sosial," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aliran uang Korupsi Kementan ke Green House Pimpinan Parpol Bakal Diungkap SYL

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement