Advertisement

Jalan Rusak di Godean, Kaliurang, Prambanan dan Imogiri Bakal Diperbaiki Tahun Ini, Cek Daftarnya di Sini

Yosef Leon
Minggu, 09 Juni 2024 - 17:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Jalan Rusak di Godean, Kaliurang, Prambanan dan Imogiri Bakal Diperbaiki Tahun Ini, Cek Daftarnya di Sini Pekerja menyiapkan pengerjaan rehabilitasi Jalan Godean yang berlokasi di sisi barat Pasar Godean belum lama ini. Ruas jalan itu jadi salah satu yang direhabilitasi oleh DPUPESDM DIY tahun ini.

Advertisement

Harianjogja.com JOGJA—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) DIY menyebut tahun ini ada sebanyak sembilan kilometer jalan rusak provinsi yang akan direhabilitasi di wilayahnya. Sejumlah ruas jalan itu tersebar di Kabupaten Sleman, Gunungkidul dan Bantul. 

Kepala DPUPESDM DIY Anna Rina Herbranti mengatakan, sejumlah ruas jalan yang akan diperbaiki itu merupakan jalan dengan prioritas tertentu lantaran sering dilewati dan menjadi salah satu akses penting bagi konektivitas antar wilayah. Dengan demikian rehabilitasinya mesti diprioritaskan dibandingkan jalan lain dengan kondisi serupa.

Advertisement

BACA JUGA: Duh! 15 Ruas Jalan Menuju Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul Rusak

"Total ada tujuh ruas jalan yang rencananya akan kami rehabilitasi tahun ini dengan jenis dan kerusakan yang berbeda-beda," katanya Minggu (9/6/2024). 

Anna menerangkan, setiap tahun jalan provinsi yang rusak selalu dianggarkan untuk diperbaiki. Hanya saja ada jalan-jalan tertentu yang menjadi prioritas untuk diutamakan perbaikannya. Sementara yang lainnya akan menyusul sesuai dengan kemampuan anggaran. Sebab panjang jalan provinsi di DIY ada di angka 674.585 km. 

"Target kami semuanya selesai akhir tahun agar bisa membantu aktivitas dan konektivitas wilayah," kata Anna. 

Salah satu ruas jalan yang sedang berjalan pengerjaannya adalah Jalan Godean di Kabupaten Sleman sepanjang 1,5 km. Jalan ini sempat disorot banyak pihak beberapa waktu lalu lantaran kondisinya yang cukup mengenaskan. Kerusakan cukup parah di sejumlah titik dan bahkan kerap menimbulkan korban pengendara motor. 

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPUPESDM DIY Wira Sasongko Putro menyebut, pengerjaan rehabilitasi Jalan Godean sudah dimulai sejak 23 April 2024 lalu. Pelaksanaan saat ini masih tahap pemotongan pohon dan penyiapan galian saluran drainase untuk kemudian pengerjaan fisik lebih lanjut. 

"Selama pelaksanaan pekerjaan tidak ada penutupan jalan, manajemen lalu lintas dengan buka tutup," katanya. 

Adapun rehabilitasi sepanjang 1,5 km itu berlokasi di sebelah barat Pasar Godean. Dimulai dari jembatan Sambirejo 2 sampai sekitar pom bensin Sidorejo dengan peningkatan aspal, sementara sisanya akan dirawat dengan anggaran pemeliharaan rutin dari anggaran jalan provinsi. 

"Serah terima pekerjaan 19 Oktober 2024 dengan kontrak Rp11,2 miliar. Semua elemen dan masyarakat di sekitar jalan yang akan direhabilitasi sudah kami undang juga untuk pemberitahuan adanya aktivitas itu, jadi tidak ada masalah," pungkas dia. 

Berikut Daftar Perbaikan Jalan 2024 di DIY pada tahun ini:

1. Jalan Godean sepanjang 1,5 km

2. Jalan Jogja-kaliurang 1,65 km

3. Jalan Demakijo-Kebonagung I sepanjang 1,5 km

4. Jalan Klangon-Tempel sepanjang 1,5 km

5. Jalan pengganti Hargomulyo-Watugajah sepanjang 2,5 km

6. Jalan Prambanan-Gayamharjo sepanjang 0.4 km

7. Jalan Imogiri-Dodogan sepanjang 1,5 km

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Disebut Serius Balas Serangan Iran, Minta Bantuan Mitra Koalisi

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement