Advertisement

Dianugerahi Penghargaan Bintang LVRI, Begini Kata Sultan

Yosef Leon
Selasa, 11 Juni 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Dianugerahi Penghargaan Bintang LVRI, Begini Kata Sultan Suasana penganugerahan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI Selasa (11/6/2024) di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima Anugerah Tanda Penghargaan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI Selasa (11/6/2024) di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan. Penganugerahan ini diberikan kepada Sultan atas darma baktinya untuk pembangunan bangsa.  

Dalam sambutannya, Sultan menyampaikan peristiwa ini mempunyai kesan mendalam, membahagiakan dan membanggakan. Karena penghargaan ini menandai betapa eratnya hubungan antar komponen bangsa Indonesia. Tak lupa, Sultan pun mengucap rasa syukur atas penghargaan yang diterimanya itu. 

Advertisement

“Dengan selalu bersyukur atas berkah dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pagi ini merupakan kehormatan bagi saya pribadi, keluarga, Kraton Yogyakarta, Pemda DIY dan rakyat Yogyakarta, atas penganugerahan Tanda Penghargaan Bintang LVRI kepada saya,” ungkap Sultan. 

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu menambahkan, momentum ini juga sekaligus menjadi tonggak penguatan persaudaraan yang beralaskan pada nilai-nilai nasionalisme ke depan. Tindak lanjutnya menjadi sangat indah, jika bisa dilakukan berbagai kegiatan dan kolaborasi penguatan nasionalisme dan nilai-nilai kebangsaan bagi segenap warga DIY.

Sultan berharap, dengan kehormatan yang tersandang ini, selalu diberi keteguhan sikap batin, moralitas dan kearifan dalam turut berupaya menjaga nilai-nilai kebangsaan. Pun mampu digunakan untuk setiap kegiatan kebangsaan. 

“Saya mohon doa restu, dengan kehormatan yang tersandang ini, mampu saya gunakan bagi setiap gerakan kebangsaan, seiring upaya menjalin silaturahmi dengan para veteran, yang telah memberikan segenap cintanya kepada nusa bangsa,” jelasnya.  

BACA JUGA: Hari Veteran Nasional di DIY Lengang

Ketua Umum DPP LVRI Letnan Jenderal TNI (Purn) H.B.L. Mantiri menyebut Sultan sebagai raja maupun tokoh bangsa utamanya dalam upaya pembinaan karakter bangsa dan kearifan lokal, telah banyak memberikan perhatian dan bantuan moril maupun materil yang besar terhadap upaya pembinaan anggota maupun organisasi LVRI.

“Ini adalah bentuk komitmen mulia Sri Sultan yang kami rasakan sangat besar manfaatnya bagi LVRI maupun anggota veteran secara keseluruhan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sri Sultan dan izinkan kami menganugerahi Bintang LVRI sebagai Tanda Penghargaan tertinggi dari LVRI atas atensi dan kontribusi positif Sri Sultan kepada LVRI,” kata Mantiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Gunungkidul Dapat Tambahan 29.280 Gas Melon

Gunungkidul Dapat Tambahan 29.280 Gas Melon

Jogjapolitan | 46 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Menjadwalkan Pemeriksan Staf Hasto Kristiyanto

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement