Advertisement

Kulonprogo Sabet Penghargaan Kearsipan Tingkat Nasional

Triyo Handoko
Rabu, 12 Juni 2024 - 22:47 WIB
Arief Junianto
Kulonprogo Sabet Penghargaan Kearsipan Tingkat Nasional Pemkab Kulonprogo menerima penghargaan dari ANRI untuk pengelolaan arsip yang baik. Dok Humas Pemkab Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo mendapat penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) atas kinerja pengelolaan arsip yang dilakukannya. Penghargaan itu diperoleh setelah Kulonprogo menempati posisi ke-12 dari institusi setingkatnya di seluruh Indonesia terkait kearsipan.

Total terdapat 443 kabupaten/kota yang dinilai ANRI dalam penilaiannya. Tak hanya melakukan penilaian kinerja kearsipan kabupaten/kota, ANRI juga menilai 34 provinsi di Indonesia, 86 kementerian atau lembata setingkatnya, dan 10 perguruan tinggi negeri pada 2023 lalu.

Advertisement

Nilai untuk pengelolaan kearsipan Pemkab Kulonprogo oleh ANRI menunjukan predikat sangat memuaskan dengan skors 90,53. Atas nilai tersebut ANRI memberikan penghargaan dalam kategori Lembaga Kearsipan Daerah.

Penghargaan itu diberikan di Samarinda, Kalimantan Timur pada akhir Mei lalu. Penjabat Bupati Kulonprogo Srie Nurkyatsiwi yang akrab disapa Siwi mengaku bangga atas torehan prestasi itu.

Siwi menyebut penghargaan itu sebagai motivasi jajarannya agar meningkatkan kualitas pengelolaan arsip. "Prestasi ini karena kerja keras bersama semua perangkat Pemkab Kulonprogo, ini mesti terus ditingkatkan," katanya, Rabu (12/6/2024).

Pengelolaan arsip yang baik, jelas Siwi, jadi salah satu kunci kinerja pemerintah yang unggul. "Jika pengelolaan arsip bagus tentu pengembangan program dapat dilakukan dengan baik, karena dengan arsip dapat jadi bahan evaluasi bersama," terangnya.

Arsip juga jadi aset penting, sambung Siwi, dimana dapat dimanfaatkan tak hanya untuk evaluasi program pembangunan tapi juga untuk beragam kepentingan lain. "Kami bangga atas capaian ini, ini mesti dipertahankan dan terus ditingkatkan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Pangandaran Jawa Barat

News
| Senin, 01 Juli 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement