Advertisement

Kemenag Jogja Imbau Masyarakat Tekan Produksi Sampah Selama Iduladha

Alfi Annisa Karin
Kamis, 13 Juni 2024 - 17:47 WIB
Ujang Hasanudin
Kemenag Jogja Imbau Masyarakat Tekan Produksi Sampah Selama Iduladha Ilustrasi pembagian daging hewan kurban menggunakan bahan ramah lingkungan. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Masyarakat diimbau untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan saat hari raya Iduladha mendatang. Sebab, hingga saat ini sampah masih menjadi persoalan di Kota Jogja. Sebisa mungkin, potensi munculnya sampah bisa dihindari. Imbauan ini turut ditegaskan oleh Kemenag Kota Jogja.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Jogja Saeful Anwar menuturkan pihaknya telah mengingatkan panitia Iduladha untuk tidak menambah produksi sampah. Misalnya, dengan cara mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan koran sebagai alas saat salat.

Advertisement

"Membawa alas salat dari tikar dan sajadah. Bukan koran bekas,” ujar Saeful.

Dia mencatat setidaknya sudah ada 195 titik salat Idul Adha yang ada di Kota Jogja. Kemungkinan, jamaah akan mencapai ribuan orang. Jika penggunaan koran sebagai alas salat tak diatur, dikhawatirkan akan menjadi tumpukan sampah yang tak sedikit jumlahnya.

Tak hanya itu, dia juga mengingatkan panitia untuk menyediakan kemasan ramah lingkungan untuk membungkus daging kurban. Penggunaan plastik kresek dikhawatirkan juga akan menambah tumpukan sampah.

BACA JUGA: Penjualan Kambing Iduladha Turun, Pedagang Tawarkan Rawat dan Pengantaran Gratis

"Dalam menjalani hari raya Iduladha tahun ini masyarakat memang harus seminimal mungkin memproduksi sampah non-organik. Supaya tidak memperparah situasi darurat sampah di Kota Jogja," ungkapnya.

Alih-alih menggunakan kresek, masyarakat bisa menggunakan bahan kemasan lainnya seperti besek atau kontainer plastik yang bisa digunakan berkali-kali.

"Kami minta agar panitia dapat mengelola sampah non-organik seminimal mungkin," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei Poltracking: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Capai 86,5 Persen

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement