Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo: Makam Keramat Mbah Celeng Ketingan Segera Direlokasi, Ini Lokasi Penggantinya

Catur Dwi Janati
Minggu, 16 Juni 2024 - 13:17 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo: Makam Keramat Mbah Celeng Ketingan Segera Direlokasi, Ini Lokasi Penggantinya Suasana proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 di Tirtoadi pada Kamis (6/6/2024). Catur Dwi Janati - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proses pembebasan lahan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 ruasTrihanggo-Junction Sleman menuju land clearing terus dilakukan khususnya menyasar tanah dengan karakteristik khusus. Dalam waktu dekat petugas akan melakukan Makam Kyai Kromo Ijoyo atau Mbah Celeng di Ketingan, Tirtoadi, Sleman. Lokasi relokasi makam masih menunggu rekomendasi tata ruang.

Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto bila percepatan relokasi Makam Kyai Kromo Ijoyo atau Mbah Celeng saat ini sampai pada proses menunggu rekomendasi tata ruang lokasi pengganti. Tahapan ini masih diproses Dispetaru Sleman.

Advertisement

"Kami sudah koordinasi dengan pihak Kraton. Tinggal ini menunggu persetujuan dari tata ruang dari Dispetaru Sleman untuk persetujuan aspek tata ruangnya untuk lokasi pengganti," kata Agung Senin (10/6/2024) lalu.

BACA JUGA: Relokasi Makam Mbah Celeng Terdampak Tol Jogja-Solo Dipercepat setelah Terima Rekomendasi Kraton

Kemungkinan rekomendasi dari tata ruang tersebut akan segera diterbitkan dalam waktu cepat5. "Pekan ini [kemungkinan terbit], kemarin Senin ini diproses," kata Agung.

Rencananya Makam Kyai Kromo Ijoyo atau Mbah Celeng akan direlokasi di lahan Sultan Grond (SG) seluas kurang lebih 200 meter persegi. Lokasinya masih di wilayah yang sama dengan makam saat ini, yakni di area Ketingan, Tirtoadi. "Di ketingan juga, status tanah kas desa, SG," ujarnya.

BACA JUGA: Terdampak Tol Jogja-Solo, Makam Mbah Celeng Direlokasi Jadi Wisata Religi

Setelah rekomendasi tata ruang turun, Agung menerangkan pihak pengembang tol akan segera melakukan clearing di lahan relokasi. Usai persiapan di lahan pengganti tuntas, baru lah proses pemindahan makam akan dilakukan.

"Kalau sudah turun langsung kita clearing, kita bersihkan, langsung kita bikin pagar, langsung kita pemindahan," jelasnya.

Carik Tirtoadi, Muh. Ridwan menambahkan lahan baru untuk relokasi makam Kyai Kromo Ijoyo atau mbah Celeng hanya terletak di sebelah timur sisi utara tak jauh dari makam saat ini. Nantinya letak makam akan berada di utara trase Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman.

"Sebelah timur, itu cuma bergeser ke utara timur jadi utara trase nanti. [Sebelumnya] tanah sawah, sawah non profuktif, kalau yang disediakan untuk makam sendiri ya sesuai dengan makam 200 meter persegi," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Server Pusat Data Nasional Down Empat Hari, Pengguna Diminta Backup Data

News
| Senin, 24 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement