Advertisement

Pemkab Sleman Dorong Penduduk Non Permanen Daftarkan Adminduk

Lugas Subarkah
Jum'at, 21 Juni 2024 - 10:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkab Sleman Dorong Penduduk Non Permanen Daftarkan Adminduk Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa memantau jalannya pelayanan publik dan adminduk di sejumlah instansi di lingkup Pemerintahan Kabupaten Sleman, Kamis (20/4/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman mendorong penduduk Sleman non permanen untuk mendaftarkan data administrasi kependudukan (Adminduk).  Sosialisasi dan edukasi perlu terus digencarkan.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menjelaskan sadar administrasi kependudukan sangat penting, tidak hanya penting untuk warga yang tinggal permanen di Sleman tetapi juga untuk non permanen seperti mahasiswa, pendatang dan lain sebagainya untuk mengantisipasi masalah yang bisa muncul di kemudian hari.

Advertisement

BACA JUGA: Masih Dinamis, Parpol di Sleman Belum Juga Tentukan Nama untuk Maju Pilkada

Menurutnya, masyarakat harus senantiasa diedukasi agar menyadari pentingnya tertib adminduk. Oleh karena itu masyarakat harus melakukan pembaharuan data kependudukannya setiap ada perubahan.

“Dengan demikian data kependudukan yang dimiliki masyarakat valid dan up to date,” ujarnya dalam Workshop Implementasi Pendaftaran Penduduk Nonpermanen dan Penduduk Rentan Adminduk yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sleman, Kamis (20/6/2024) di Kantor Kapanewon Depok.

Penduduk non permanen merupakan penduduk yang memiliki identitas KTP-el dan KK luar padukuhan yang berdomisili di wilayahnya baik menempati rumah sendiri, tempat kost, rumah sewa maupun rumah kontrak.

“Setiap kedatangan penduduk di wilayah padukuhan dikunjungi dan didaftar identitasnya dengan harapan dapat tercipta kehidupan masyarakat tetap komunikatif, guyub rukun, tentram dan tertib,” katanya.

Workshop ini menurutnya adalah upaya mengedukasi serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya tertib administrasi kependudukan khususnya bagi penduduk non permanen di Sleman.

Ia mengajak seluruh masyarakat Sleman untuk selalu melaporkan setiap perubahan data kependudukan ke Dinas Dukcapil. Dengan data kependudukan yang tepat dan akurat akan mempermudah seluruh pemangku kepentingan dalam merumuskan langkah-langkah kebijakan dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan

Sosialisasi dan edukasi perlu terus digencarkan untuk mendukung upaya ini. “Saya mengharapkan agar sosialisasi, pembinaan dan edukasi terhadap penduduk perlu dilakukan secara aktif dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement