Advertisement

PPDB SMP: Ratusan Kuota Jalur Perpindahan Orang Tua di Bantul Kosong

Jumali
Kamis, 27 Juni 2024 - 12:47 WIB
Ujang Hasanudin
PPDB SMP: Ratusan Kuota Jalur Perpindahan Orang Tua di Bantul Kosong Tangkapan layar hasil seleksi PPDB jalur perpindahan tugas orang tua

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Bantul mencatat ratusan kuota perpindahan tugas orang tua (PTO) pada PPDB SMP 2024 kosong. Dari 47 SMP Negeri di Kabupaten Bantul yang menyediakan kuota untuk PTO, sebagian besar sekolah kosong peminat.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Disdikpora Bantul Titik Sunarti Widyaningsih, pada Kamis (27/6/2024). Titik mengungkapkan, PPDB SMP 2024 gelombang kedua untuk jalur afirmasi, PTO dan prestasi telah digelar sejak Senin (24/6/2024) sampai Rabu (26/6/2024) dan digelar secara daring.

Advertisement

"Saat ini, hasilnya, sudah diumumkan di masing-masing sekolah," katanya.

Dari ketiga jalur tersebut, menurut Titik, hanya jalur PTO sebagian besar sekolah kuotanya tidak mampu terpenuhi. Sedangkan untuk kuota afirmasi dan prestasi, semua sekolah SMP negeri di Bantul telah memenuhi. Di mana, total daya tampung PPDB SMP 2024 ada sebanyak 8.640 siswa.

Dari jumlah tersebut, Disdikpora telah memberikan kuota untuk jalur afirmasi paling banyak 15%, perpindahan orang tua paling banyak 5% dan prestasi paling banyak 25% dari daya tampung. Sedangkan, sisanya, akan ditampung melalui jalur zonasi dengan basis data padukuhan sebagai titik pusat.

"Untuk jalur afirmasi, sejauh ini kuotanya sudah terpenuhi. Begitu juga dengan jalur prestasi. Hanya saja untuk jalur PTO, ada ratusan kuota yang belum terpenuhi. Karena ada beberapa sekolah yang tidak ada mendaftar melalui jalur PTO," ungkapnya.

BACA JUGA: Mengurus DTKS, Puluhan Orang Datangi Posko PPDB Disdikpora Bantul

Sementara disinggung mengenai kendala yang dihadapi oleh Disdikpora saat pelaksanaan PPDB, Titik mengaku tidak banyak kendala yang dihadapi. Meski demikian, diakui oleh Titik, masih ada sebagian besar orang tua murid yang datang ke Posko PPDB lantaran mengalami kendala dalam pendaftaran jalur afirmasi bagi keluarga prasejahtera. Ada orang tua murid yang telah terdaftar dalam DTKS, namun anaknya tidak terdaftar di sana. 

"Tapi secara keseluruhan tidak ada kendala. Begitu juga hal teknis, tidak ada masalah dengan server dan listrik, semua berjalan normal," ucap Titik.

Kepala Disdikpora Bantul Nugroho Eko Setyanto mengatakan, PPDB SMP 2024 digelar menjadi tiga gelombang, yakni gelombang pertama (22 sampai 25 April 2024) untuk PPDB kelas khusus olahraga (KKO), gelombang kedua untuk jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi yang digelar mulai 24 sampai 26 Juni 2024. Sedangkan jalur zonasi digelar mulai 1 sampai 3 Juli 2024.

"Jadi setelah gelombang kedua ini, nanti akan dilanjutkan ke jalur zonasi. Kuotanya paling sedikit 55 persen. Untuk zonasi dibagi dalam 5 zona," katanya.

Zona pertama, kata Nugroho adalah masuk dalam radius 0,5 kilometer untuk wilayah padat dan 1 kilometer yang wilayahnya tidak padat dari sekolah. Zona 2, pada radius 0,5 kilometer sampai 2 kilometer untuk daerah padat penduduk. Sedangkan yang wilayahnya tidak padat radius yang dipakai adalah 1 sampai 2 kilometer dari sekolah. Zona 3, adalah untuk mereka yang berada di jarak antara 2 sampai 6 kilometer dari sekolah. Sementara zona 4 untuk seluruh padukuhan yang ada di wilayah kabupaten Bantul.

"Zona 5 untuk calon peserta didik di luar kabupaten Bantul dengan catatan bisa diterima, jika kuota di sekolah itu masih ada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bazar di Pasar Seni Gabusan Bantul Digelar untuk Pengembangan Usaha Mikro

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement