Advertisement

Glagah Tropicolorun 2024 Berlangsung Meriah, Tingkatkan Kunjungan Wisata ke Kulonprogo

Media Digital
Sabtu, 29 Juni 2024 - 17:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Glagah Tropicolorun 2024 Berlangsung Meriah, Tingkatkan Kunjungan Wisata ke Kulonprogo Suasana pembukaan Glagah Topicolorun 2024 yang meriah, Sabtu (29/6/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gelaran sportourism Glagah Tropicolorun 2024 berlangsung meriah pada Sabtu (29/6/2024) pagi di Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo. Tak hanya meriah berkat ratusan orang yang jadi peserta, Glagah Tropicolorun 2024 juga banyak disaksikan wisatawan lain di pantai teramai di Bumi Binangun itu.

Glagah Tropicolorun 2024 bukan hanya hanya acara olahraga lari, karena juga menampilkan beragam pentas dan atraksi seni budaya. Aneka ragam booth kuliner juga menyediakan jajanan khas Kulonprogo yang dapat dicicipi pengunjung. Di samping itu, Dinas Pariwisata (Dinpar) Kulonprogo sebagai penyelenggara juga menghadirkan atraksi seni budaya dari luar daerah juga untuk makin memeriahkan acara tersebut, seperti dari Cirebon hingga daerah lainnya.

Advertisement

Kepala Dinpar Kulonprogo Joko Mursito menjelaskan Glagah Tropicolorun 2024 dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata di Kulonprogo, khususnya di kawasan pantai selatan tersebut. "Semakin promosi luas, semakin pengunjungnya ramai, maka akan semakin besar pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh," terangnya, Sabtu pagi.

BACA JUGA: Event Lari hingga Artjog Dongkrak Reservasi Hotel DIY Akhir Juni

Joko menjelaskan antusiasme wisatawan mengikuti Glagah Tropicolorun 2024 cukup tinggi. Bahkan terdapat wisatawan mancanegara yang mengikuti kegiatan ini. "Peserta banyak datang dari luar daerah, termasuk ada dari mancanegara, ini akan kami tingkatkan kedepannya agar skalanya makin besar," tuturnya.

Terdapat dua rute lari yang diselenggarakan di Glagah Tropicolorun 2024, yaitu jarak lima kilometer dan 10 kilometer. "Track lintasan larinya juga menyedikan pemandangan indah di kawasan pantai selatan ini," ujarnya.

Ia juga menjelaskan upaya promosi wisata di Kulonprogo tidak hanya dengan acara Glagah Tropicolorun 2024, melainkan juga dalam konsep acara besar yaitu Lagoon Fest. Konsep Lagoon Fest menghimpun berbagai kegiatan unggulan dan inovatif pariwisata, seperti festival perahu hias dan kompetisi bola voli.

BACA JUGA: Unik, Sepeda Terpanjang di Dunia Ini Ukurannya Lebih dari 55 Meter

Festival perahu hias dilaksanakan pada Minggu (29/6/2024) yang akan memeriahkan Laguna Pantai Glagah. "Ini kami ambil karena ini sudah ada dan akan kami tingkatkan karena potensinya lumayan bagus untuk menarik wisatawan," ungkapnya.

Sementara itu, untuk kompetisi bola voli akan mempertemukan klub profesional se-Pulau Jawa. "Sabtu malam ini sudah dimulai semifinalnya. Ini jadi daya tarik unggulan juga karena peminatnya cukup banyak," paparnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN ke IKN Bakal Dapat Insentif, Besarannya Masih Digodok Pemerintah

News
| Senin, 01 Juli 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement