Advertisement

Ada Pameran Kerajinan Wayang di AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Sepanjang Juli 2024, Gratis!

Ujang Hasanudin
Jum'at, 05 Juli 2024 - 00:47 WIB
Ujang Hasanudin
Ada Pameran Kerajinan Wayang di AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Sepanjang Juli 2024, Gratis! Pengunjung sedang menyaksikan wayang kancil dalam pameran kerajinan wayang di kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Kamis (3/7/2024). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta menggelar pameran kesenian wayang, baik wayang kulit, wayang orang, atribut tari, serta kelengkapan dalam pewayangan.

Pameran kesenian wayang dalam rangka Dies natalis AKN Seni dan Budaya Yogyakarta ke-4 ini bisa dinikmati oleh masyarakat umum secara gratis selama bulan Juli 2024 di lobi kampus yang berlokasi di Jalan Parangtritis, Dusun pandes, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul.

Advertisement

Dalam pameran karya mahasiswa AKN Seni dan Budaya Yogyakarta ini menampilkan berbagai figur wayang kulit dibuat ulang dalam bentuk yang lebih detail dan hidup seperti Yudhistira, Bima atau Werkudara, Arjuna, Nakula, Sadewa, Kresna hingga Gatotkaca.

Ada wayang khusus yang ditampilkan di kaca yang tidak diperkenankan untuk disentuh oleh pengunjung. Kemudian deretan wayang di atas debog juga memenuhi lobi kampus kesenian dan budaya milik Pemda DIY tersebut.

Ada juga wayang kancil yang menarik anak-anak untuk melihatnya. Selain wayang kulit, tampak atribut pewayangan hasil karya mahasiswa juga dipamerkan, seperti mahkota penari, sumping penghias telinga, slepe atau ikat pinggang, kelat atau penghias lengan penari.

BACA JUGA: Berikut Jadwal Event di Bantul Selama Juli 2024, dari Labuhan Hondodento Parangkusumo hingga Bantul Expo

Direktur Akn Seni dan Budaya Yogyakarta, Supadma mengatakan dalam Dies Natalis ke-4 ini pihaknya sengaja ingin melibatkan masyarakat sekaligus menunjukan bagaimana hasil karya mahasiswa Akn Seni dan Budaya Yogyakarta ini selama belajar yang salah satunya diwujudkan dalam pameran dan berbagai pertunjukan agar lebih dikenal oleh masyarakat bagaimana tentang pendidikan yang berbasis seni dan budaya itu dikembangkan oleh AkN Seni dan Budaya Yogyakarta.

Dikatakannya berbagai lapisan masyarakat termasuk anak-anak terlibat dalam berbagai event. Seperti pameran kerajinan wayang dan tari, lomba mewarnai gambar wayang, lomba karawitan remaja dan lomba tari kreasi.

"Kami ingin melalui Dies Natalis ke 4 ini menjadikan Akn Seni dan Budaya  Yogyakarta sebagai sebuah lembaga pendidikan yang bukan berdiri sebagai menara gading, tapi bagaimana kita berbagi masyarakat untuk bersama-sama memajukan seni budaya," kata Supadma melalui siaran tertulisnya, Jumat (4/7/2024).

Menurut Supadma AKN Seni dan Budaya Yogyakarta merupakan lembaga perguruan tinggi negeri vokasi yang berbasis seni budaya Yogyakarta. Kampus itu disebut satu-satunya perguruan tinggi vokasi yang fokus pada seni budaya daerah se-Indonesia.

Panitia event yang juga Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Bayu Aprianto,  mengatakan total ada 20 mahasiswa dan alumni dari jurusan Seni Kriya yang terlibat di pameran itu.

"Lewat pameran ini harapan kami rasa cinta masyarakat pada seni budaya wayang juga tari semakin besar, karena upaya pelestarian itu diawali rasa cinta dan kenal terlebih dahulu," ujarnya.

Bayu mengatakan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta merupakan kampus milik Pemda DIY yang semua mahasiswa berkuliah secara gratis alias tanpa dipungut biaya. Kampus itu setiap tahunnya membuka kuota ratusan kursi untuk tiga jurusan yang dimiliki yakni Seni Kriya, Karawitan, dan Seni Tari.

Selain pameran kerajinan wayang, dalam Dies natalis ke-4 ini juga ada pameran lukisan, lomba tari kreasi, dan bazar UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Kesulitan Tangkap Bandar Judi Online, Ini Penyebabnya

News
| Minggu, 07 Juli 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement