Advertisement

Berikut Jadwal Event di Bantul Selama Juli 2024, dari Labuhan Hondodento Parangkusumo hingga Bantul Expo

Ujang Hasanudin
Selasa, 02 Juli 2024 - 20:17 WIB
Ujang Hasanudin
Berikut Jadwal Event di Bantul Selama Juli 2024, dari Labuhan Hondodento Parangkusumo hingga Bantul Expo Ilustrasi-Prosesi Labuhan oleh Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Pantai Parangkusumo pada Minggu (14/3 - 2021)./Harian Jogja / Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bantul merupakan kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki beragam wisata alam, budaya, buatan, dan desa wisata yang tersebar di setiap kapanewon. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut pada 2022 Bantul memiliki 38 objek wisata dan yang paling populer adalah Pantai Parangtritis.

Selain itu, ada Hutan Pinus Pengger, Gumuk Pasir, Hutan Pinus Mangunan, Pantai Goa Cemara, Puncak Becici, dan masih banyak lagi. Tidak hanya objek wisata alam, namun Bantul juga memiliki desa wisata dan juga berbagai event dan atraksi wisata, budaya, dan olahraga yang bisa dinikmati oleh wisatawan ketika berkunjung ke Bumi Projotamansari.

Advertisement

Bagi Anda yang sedang berlibur di Bantul berikut adalah jadwal event yang digelar di Bantul sepanjang Juli 2024:

1. Jenang Suran, di Makam Raja-raja Mataram di Kotagede, Sabtu, 6 Juli 2024

Acara ini merupakan peringatan pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharam. Tradisi yang sudah dilakukan sejak Sultan Agung Hanyokrokusumo Kasultanan Mataram. Setiap Malam 1 Suro abdi dalem membagikan jenang panggul yang dibuat dari beras dengan beberapa lauk di antaranya, tahu, tempe, sayuran dan kedelai hitam.

 Tradisi ini akan diawali dengan pembacaan selawat nabi diiringi kesenian hadroh lalu berlanjut doa dan zikir

2. Labuhan Pantai Goa Cemara, di Pantai Goa Cemara, Minggu, 7 Juli 2024

Dilaksanakan setiap tanggal 1 Muharram Kalender Islam mulai jam 09.00 WIB. Prosesinya dimulai dari rumah Kepala Dusun Patihan menuju Pendapa Pantai Goa Cemara. Tahun ini akan jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024. Warga mengarak gunungan hasil bumi, bunga-bunga, uba rampe, dan kambing “kendhit” menuju Pendapa Pantai Goa Cemara. Kambing ”kendhit” adalah kambing yang mempunyai garis putih melingkari perut.

BACA JUGA: Jadwal Event di Jogja dan Sekitarnya Selama Juli 2024, dari Prambanan Jazz hingga Festival Layang-layang

Di sini warga dan wisatawan berkumpul dan memanjatkan doa bersama-sama. Selesai berdoa warga yang hadir akan disuguhi nasi gurih oleh panitia. Selanjutnya uba rampe diarak menuju ke pantai. Sesampai di pantai, doa bersama digelar kembali. Selesai didoakan, gunungan direbut oleh warga yang hadir. Kemudian kambing ”kendhit” dilarung. Upacara adat tradisi ” Labuhan Pantai Goa Cemara ” ini merupakan ungkapan syukur atas rejeki yang telah diterima warga setempat.

3. Kirab Budaya Imogiri, di Terminal Imogiri, Kamis, 11 Juli 2024

Salah satu dari tradisi budaya di Imogiri yakni Kirab Siwur yang merupakan salah satu rangkaian dari Upacara Nguras Enceh di Makam Raja-raja Imogiri. Kegiatan ini selalu dilaksanakan menjelang upacara nguras enceh (gentong) yang jatuh pada pasaran Kliwon saat bulan Suro

4. Labuhan Nelayan Pantai Depok di Pantai Depok, Kamis, 11 Juli 2024

Sebagai wujud rasa syukur masyarakat dan para nelayan di pesisir pantai depok akan limpahan rezeki yang telah diberikan Tuhan, warga masyarakat yang berada di pesisir pantai depok mengadakan tasyakuran berupa labuhan di pantai depok. Acara ini rutin diadakan setiap tahunnya di bulan suro atau bulan muharram pada malam jumat kliwon.

Beragam uba rampe juga turut di arak, gunungan yang berisikan hasil bumi berupa sayur, buah-buahan dan umbi-umbian menjadi simbol rasa syukur atas berkah yang dilimpahkan.

5. Jamasan Selo Gilang, di Petilasan Ki Ageng Mangir, Kamis, 11 Juli 2024

Tradisi jamasan watu gilang dilakukan di malam jumat kliwon pada bulan suro. Tradisi Jamasan Selo Gilang diadakan adanya wujud terima kasih atau bersyukur karena dulunya Ki Ageng Mangir telah memakmurkan rakyat-rakyat Mangir.

Upacara Nguras Enceh, di Makam Raja-raja Mataram Imogiri, Jumat, 12 Juli 2024

Tradisi Nguras Enceh merupakan agenda rutin setiap bulan Sura dalam kalender jawa yang dilaksanakan oleh abdi dalem Kraton Surakarta dan Yogyakarta. Dilaksanakan bertepatan dengan hari Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon. Empat buah Enceh pusaka yang berada di gerbang Makam Sultan Agung dikuras.

6. Hari Jadi Kabupaten Bantul, di Lapangan Trirenggo Bantul, Sabtu, 20 Juli 2024

Pemerintah Kabupaten bantul dan masyarakat akan menggelar kirab budaya dalam rangka peringatan hari jadi Bantul. Kirab budaya ini mengambil start dari Lapangan Trirenggo Bantul sampai Lapangan Paseban dengan jarak sekitar lima kilometer dengan rute Jalan Djuanda sampai simpang lima Bejen, kemudian ke barat di Jalan Urip Sumoharjo sampai simpang empat Gose. Selanjutnya ke arah timur di Jalan Jenderal Sudirman sampai Paseban.

7. Bantul Expo 2024, 26 Juli sampai 4 Agustus 2023 di Pasar Seni dan Wisata Gabusan

Ajang Promosi potensi daerah baik kerajinan tangan, Industri, Perdagangan, pertanian, pariwisata, budaya dan layanan pemerintah dalam membangun masyarakat Bantul segera digelar. Bantul Expo merupakan event tahunan yang digelar oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan perdagangan (DKUKMPP) dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bantul.

8. Labuhan Hondodento, di Pantai Parangkusumo, Senin, 22 Juli 2024

Labuhan ini merupakan wujud rasa syukur dan sekaligus gelar doa bersama dengan mempersembahkan berbagai ubarampe untuk dilabuh di Pantai Parangkusumo. Prosesi upacara dimulai dari pendapa Parangtritis. Seluruh peserta yang mengenakan busana Jawa beriringan menyusuri pantai Parangkusumo.

9. Jogja International Kite Festival: 27-28 Juli 2024

Jogja International Kite Festival ini merupakan salah satu acara tahunan layang-layang bergengsi. Tercatat lebih dari 50 klub nasional dan 22 klub layang-layang dari luar negeri ikut serta secara rutin dalam acara ini.

Jogja International Kite Festival 2024 akan digelar di Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek Bantul, pada 27-28 Juli 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Disarankan Melibatkan UMKM

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement