Advertisement

Catat! Besok Malam Ada Jenang Suran di Makam Raja Mataram Kotagede

Ujang Hasanudin
Jum'at, 05 Juli 2024 - 17:07 WIB
Ujang Hasanudin
Catat! Besok Malam Ada Jenang Suran di Makam Raja Mataram Kotagede Arsip-Jenang Suran dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Murtarram di Makam Raja Mataram Kotagede. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Jenang Suran yang merupakan tradisi dalam rangka menyambut tahun Baru Islam 1 Muharram kembali digelar tahun ini. Tradisi yang sudah dilakukan sejak lama ini akan digelar  oleh para abdi dalem juru kunci Kasultanan Ngayogyakarta maupun Kasunanan Surakarta Makam Raja-raja Mataram di Kotagede, Jagalan, Banguntapan Bantul,

Mengutip dari Dians pariwisata Bantul Jenang Suran adalah tradisi menyambut 1 Muharram Tahun Baru Islam yang dilakukan oleh para abdi dalem juru kunci Kasultanan Ngayogyakarta maupun Kasunanan Surakarta.

Advertisement

Tradisi ini ada sejak jaman Sultan Agung Hanyokrokusuma. Dalam tradisi ini juru kunci menyiapkan jenang/bubur yang diberi nama “jenang panggul” untuk dibagi ke warga yang datang atau pejiarah.

Jenang panggul dibuat dari beras dengan lauk tahu, tempe, sayuran, dan “dele ireng”/ kedelai hitam. Adapun jenang pangul sendiri bermakna memanggul yang diartikan bahwa abdi dalem dan masyarakat yang datang bisa kuat memanggul beban hidup di tahun yang baru. “Dele”/kedelai bermakna “del”(Bahasa Jawa) yaitu putus dan ireng diartikan segala yang tidak baik.

“Dele ireng” diartikan sebagai terputusnya segala yang tidak baik.

BACA JUGA: Berikut Jadwal Event di Bantul Selama Juli 2024, dari Labuhan Hondodento Parangkusumo hingga Bantul Expo

Tradisi ini diawali dengan pembacaan shalawat Nabi diiringi oleh kesenian hadroh dilanjutkan dengan doa dan zikir di depan gapura Makam Panembahan Senopati ing Alaga Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawa.

"Tahun ini ritual Jenang Suran akan dilaksanakan pada Sabtu, 6 Juli 2024 mulai jam 22.00 WIB di Komplek Makam Raja-raja Mataram di Kotagede," kata Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul , Markus Purnomo Adi, Jumat (5/7/2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Kabulkan Gugatan Pegi Setiawan, Penasihat Hukum Desak Kapolri Copot Kapolda Jabar dan Jajarannya

News
| Senin, 08 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement