Advertisement

FKDM Mergangsan Waspadai Kerawanan Pilkada Jogja

Lugas Subarkah
Sabtu, 06 Juli 2024 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
FKDM Mergangsan Waspadai Kerawanan Pilkada Jogja Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhelatan akbar pesta demokrasi berwujud pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jogja semakin dekat. Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Mergangsan bersiap untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan.

Ketua FKDM Mergangsan, Harris Syarif Usman, menjelaskan saat ini pilkada memasuki tahap pencocokan dan penelitian (coklit) data oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (pantarlih) di setiap kelurahan hingga 25 Juni mendatang, yang dilanjutkan pendaftaran bakal pasangan calon dan kampanye.

Advertisement

BACA JUGA: Hasil Spanyol vs Jerman, Skor 2-1, Tim Matador Singkirkan The Panzer di Perempat Final Euro 2024

“Mergangsan tidak pernah sepi dari gesekan gesekan sehingga muncul kerawanan yang harus diantisipasi. Oleh sebab itu perlunya FKDM dilatih secara spesifik terkait dalam kegiatan investigasi maupun sebagai mediator ataupun negosiator,” ujarnya, Jumat (5/7/2024).

FKDM Mergangsan pun telah melaksanakan Focus Grup Discusion (FGD) FKDM pada Kamis (4/7/2024) dengan melibatkan Polresta Jogja, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Jogja, dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Selain mewaspadai kerawanan pemilu, FKDM Mergangsan juga berkomitmen membersihkan Mergangsan dari penyalahgunaan narkoba di kalangn anak muda, karena di wilayah ini penyalahgunaan narkoba cukup menjadi sorotan.

Pencegahan dilakukan dengan kewaspadaan dini tangkal peredaran gelap narkoba. “FKDM Mergangsan siap berkoborasii dengan siapapun juga agar Mergangsn terbebas dari peredaran narkoba mupun judi online,” ungkapnya.

BACA JUGA: Cara Membeli Tiket Kereta Bandara Jogja, Pilih yang Rp20.000 atau Rp50.000

Untuk mendukung hal ini, di tiga kelurahan yakni Wirogunan, Brontokusuman dan Keparakan sudah dibentuk Kelurahan Bersinar dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jogja. “Ada kader-kader yang sudah dilatih oleh BNN dalam rangka mengeliminir peredaran gelap narkoba, dimana Mergangsan cukup menonjol,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perayaan HUT TNI di Kawasan Monas, Berikut Rekayasa Lalu Lintasnya

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement