Advertisement

Biawak Sepanjang 1 Meter Dievakuasi dari Rumah Warga

Lugas Subarkah
Senin, 08 Juli 2024 - 14:47 WIB
Sunartono
Biawak Sepanjang 1 Meter Dievakuasi dari Rumah Warga Petugas Damkarmat Kota Jogja mengevakuasi biawak dari rumah warga, di Gedongkuning, Umbulharjo, Minggu (7/7/2024) petang. - ist Damkarmat Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja mengevakuasi seekor biawak besar dari rumah warga, di Gedongkuning, Umbulharjo, Minggu (9/7/2024) petang. Binatang tersebut awalnya diduga buaya yang masuk rumah.

Kepala Damkarmat Kota Jogja, Taokhid, menjelaskan kejadian ini bermula ketika laporan diterima petugas Damkarmat Kota Jogja pada Minggu (7/7/2024) pukul 17.35 WIB. “Warga melaporkan melihat buaya yang masuk ke rumahnya di sekitaran Umbulharjo,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (8/7/2024).

Advertisement

BACA JUGA : BREAKING NEWS: Hotel di Gejayan Terbakar, 2 Orang Sempat Terjebak, Tim Damkar Kesulitan Masuk

Satu regu tim rescue Damkarmat Kota Jogja pun langsung menuju lokasi yang dilaporkan untuk mengevakuasi hewan, tepatnya di Perumahan TNI Gedongkuning, Umbulharjo. Hewan yang dilaporkan ternyata bersembunyi di kamar warga.

Setelah dicek, ternyata hewan tersebut bukan buaya, melainkan biawak berukuran besar berukuran sekitar meter. “Dalam waktu sekitar 16 menit, petugas berhasil mengevakuasi biawak itu dengan menggunakan alat bantu selimut,” ungkapnya.

Ia menjelaskan biawak sebenarnya tidak berbisa seperti beberapa spesies ular. Namun reptil ini tetap memiliki potensi bahaya jika menggigit bagian tubuh dapat menimbulkan luka dan infeksi. “Sehingga jika menemui reptil ini di rumah, tangani dengan berhati-hati atau bisa memanggil orang yang berpengalaman menghadapi reptile,” katanya.

Masyarakat diimbau agar jangan ragu menghubungi Damkarmat Kota Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya seperti evakuasi hewan terjebak, hewan berbahaya, maupun masalah membahayakan lainnya.

BACA JUGA : Dramatis! Damkar Evakuasi Sapi Kurban yang Tercebur ke Kolam di Gamping Sleman, Butuh Waktu 3 Jam

“Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan penyelamatan dan pemadaman kebakaran gratis tanpa dipungut biaya,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengamat Nilai PDIP Semakin Dekat dengan Koalisi Prabowo, Ini Buktinya

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement