Advertisement

Golkar DIY Lakukan Survei Kedua Calon Kepala Daerah Pilkada 2024 untuk Penentuan Rekomendasi

Yosef Leon
Selasa, 23 Juli 2024 - 17:57 WIB
Ujang Hasanudin
Golkar DIY Lakukan Survei Kedua Calon Kepala Daerah Pilkada 2024 untuk Penentuan Rekomendasi Bendera Partai Golkar / ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - DPD Golkar DIY menyatakan tengah melakukan survei berpasangan kepada bakal calon yang akan maju dalam Pilkada serentak November mendatang. Survei ini merupakan yang kedua kalinya digelar setelah survei pertama terhadap tokoh perorangan yang mendaftar lewat partai itu diumumkan beberapa waktu lalu. 

Ketua Bapilu Partai Golkar DIY John S Keban mengatakan, survei ini diharapkan bisa menangkap kondisi riil aspirasi masyarakat guna menjadi indikator partai berlambang pohon beringin itu untuk menentukan nama-nama yang bakal diusung dalam pemilihan kepala daerah. 

Advertisement

"Kami mau melihat bagaimana realitas politik di lapangan jelang Pilkada dan harus menangkap apa yang terjadi sehingga kebijakannya tepat. Jangan sampai salah atau pilihan calonnya berdasarkan suka atau tidak suka tapi semuanya berdasarkan objektivitas," kata John, Selasa (23/7/2024). 

Survei dilakukan oleh pihak ketiga dengan lembaga berbeda dibandingkan dengan yang menggelar survei pertama beberapa waktu silam. Harapannya tidak ada rekayasa dalam proses survei itu dan hasil yang keluar benar-benar berasal dari masyarakat pemilih di DIY. 

"Prosesnya sudah berjalan sejak tiga hari terakhir. Tentunya survei ini jadi salah satu parameter kami untuk melihat perkembangan di daerah menjelang Pilkada," ungkap John. 

BACA JUGA: Hasil Survei Internal Golkar Pilkada Kota Jogja 2024: Afnan dan Heroe Sama-sama Kuat

Menurut John, survei berpasangan itu dilakukan dengan memilih sejumlah tokoh baik yang berkeinginan maju sebagai Walikota, Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati di lima kabupaten kota berdasarkan keadaan terbaru. Tokoh yang disurvei akan diacak untuk melihat elektabilitasnya secara berpasangan. 

"Untuk nama-nama yang dipasangkan itu dari lembaga survei sendiri yang menjalankan biar merata dan tidak hanya pasangan tunggal atau yang sama nanti diacak agar lebih objektif dan rasional," katanya. 

John menambahkan, hasil dari survei per orangan tahap pertama silam masih menjadi salah satu rujukan dalam memilih calon yang akan disurvei. Selain itu pihaknya juga menyertakan beberapa tokoh baru yang masuk dan mendaftar di menit-menit akhir sesuai dengan mekanisme partai, salah satunya Endah Subekti di Kabupaten Gunungkidul. 

"Harapannya hasilnya bisa keluar secepat mungkin karena tahapannya kan sudah mepet dan partai bisa segera menemukan sikap," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jalan Tol IKN Seksi 6B dan Akses 6C Ditarget Selesai Juni 2025

News
| Senin, 16 September 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement