Advertisement

Dapat Kucuran Danais Hampir Rp1 Miliar, Pemkal Bantul Optimistis Penambahan Alat dan Fasilitas TPS3R Selesai Tahun Ini

Jumali
Selasa, 23 Juli 2024 - 12:47 WIB
Ujang Hasanudin
Dapat Kucuran Danais Hampir Rp1 Miliar, Pemkal Bantul Optimistis Penambahan Alat dan Fasilitas TPS3R Selesai Tahun Ini Arsip-Proses pengolahan sampah dengan output berupa RDF di TPS 3R Nitikan, Kamis (2/5/2024). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Bantul memastikan proses penambahan alat dan fasilitas dari Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) Arga Makmur di Padukuhan Grujugan berjalan sesuai target.

Diharapkan, penambahan fasilitas dan alat tersebut rampung pada akhir 2024 dan mampu mengatasi persoalan sampah di Kalurahan Bantul.

Advertisement

Lurah Bantul Supriyadi mengatakan, saat ini tender penambahan alat dan fasilitas senilai Rp940 juta telah memasuki lelang. Diharapkan, pada September mendatang penambahan alat dan fasilitas hanggar sudah bisa dilakukan.

"Harapannya, akhir tahun ini selesai dan bisa langsung dioperasionalkan," katanya, Selasa (23/7/2024).

Untuk pendanaan, Supriyadi mengakui jika penambahan alat dan fasilitas bersumber dari anggaran Dana Keistimewaan (Danais) 2024. Di mana, dengan adanya penambahan alat dan fasilitas tersebut, nantinya kapasitas dari TPS3R Arga Makmur bisa bertambah.

"Karena disana nanti tidak hanya ada alat berupa insenerator, tapi juga dilengkapi hanggar, dan lokasi pengolahan maggot juga. Yang jelas kapasitasnya bertambah dari sebelumnya. Bisa sampai 2 ton perhari nantinya," ucap Supriyadi.

BACA JUGA: Bantul Merancang Pembangunan 12 TPST dan TPS3R Baru

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul Bambang Purwadi Nugroho menyampaikan pada 2024, Pemkab Bantul menerima anggaran Dana Keistimewaan (Danais) Rp5,93 miliar untuk pembangunan TPS3R di Kalurahan Bantul, Potorono dan Caturharjo.

Tidak hanya dilengkapi peralatan pemilahan, lanjut Bambang, ketiga TPS3R tersebut juga dilengkapi dengan gedung pengolahan sampah. Khusus, pembangunan gedung TPS3R di Kalurahan Bantul dialokasikan anggaran mencapai Rp940 juta, Kalurahan Potorono senilai Rp1,6 miliar dan gedung TPS3R Kalurahan Caturharjo senilai Rp850 juta. Sisanya, untuk pengadaan peralatan pengolahan sampah. Adapun target masing-masing TPS3R tersebut, kata Bambang adalah 2 ton per hari.

"Dan, anggaran pembangunan TPS3R tersebut diberikan guna mendukung target Bantul bersih sampah tahun depan," kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 4,9 di Gianyar Bali, BPBD Bergerak Cepat Melakukan Kajian Dampak

News
| Sabtu, 07 September 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kulineran di Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Kedai Burger Lokal

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement