Advertisement

Disdikpora DIY Siapkan Puluhan Miliar untuk Beasiswa SMA/SMK

Media Digital
Selasa, 23 Juli 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Disdikpora DIY Siapkan Puluhan Miliar untuk Beasiswa SMA/SMK Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Menengah di Joglo Pawirosumarto, Kalurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Selasa (23/7/2024). - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) DIY terus menggencarkan sosialisasi beasiswa pendidikan menengah ke berbagai wilayah di DIY. 

Kepala Seksi SMA Disdikpora DIY, Supartini menjelaskan ada sejumlah beasiswa yang bisa diakses para pelajar sekolah menengah atas sederajat di DIY. Beasiswa tersebut mencakup Kartu Cerdas, Jaminan Kelangsungan Pendidikan, beasiswa Retrival dan beasiswa perlengkapan pendidikan. 

Advertisement

Untuk Kartu Cerdas anggaran yang disiapkan mencapai lebih dari Rp21 miliar. Sasarannya mencapai 14.230 siswa dengan rincian 5.000 siswa SMA dan 9.230 siswa SMK. Penerima bantuan beasiswa ini akan memperoleh beasiswa dengan nominal Rp1,5 juta per siswa per tahun.  “Rata-rata mereka yang tahu itu, Kartu Cerdas,” ungkap Supartini dalam acara Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Menengah di Joglo Pawirosumarto, Kalurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Selasa (23/7/2024).

Untuk beasiswa Jaminan Kelangsungan Pendidikan anggaran yang disiapkan mencapai Rp2,4 miliar.  Menyasar 200 pelajar SMA dan 400 pelajar SMK. Para penerima akan menerima bantuan beasiswa dengan nominal maksimal Rp4 juta per orang. 

Jaminan Kelangsungan Pendidikan ini diperuntukkan bagi alumni SMA/SMK yang masih mempunyai kekurangan tanggungan biaya pendidikan selama mereka sekolah. Selain itu, Disdikpora DIY juga memiliki beasiswa Retrival yang menyasar 100 siswa SMA dan 100 siswa SMK.

Siswa yang menerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan berupa uang senilai Rp3 juta per siswa per tahun. Disdikpora menyiapkan anggaran Rp600 juta untuk program beasiswa ini. 

Terakhir, pelajar sekolah menengah di DIY juga dapat mengakses beasiswa perlengkapan pendidikan. Total anggaran Rp399,5 juta disiapkan untuk alokasi beasiswa perlengkapan pendidikan. Sebanyak 235 siswa SMA dan 235 siswa SMK disasar beasiswa ini dengan nominal Rp850.000 per paket per tahun. 

Anggota DPRD DIY, Sofyan Setyo Darmawan yang juga hadir sebagai narasumber mengatakan sosialisasi ini digelar agar masyarakat mengetahui berbagai beasiswa yang bisa diakses untuk pelajar.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam mekanisme pemberian beasiswa. "Sampai saat ini kan pelayan aksesnya oleh sekolah, nanti dimohonkan usulannya dari orang tua,” ungkapnya.

Selain itu, Sofyan menilai alokasi anggaran beasiswa yang ada belum mencukupi. Anggaran Kartu Cerdas Rp21 miliar belum bisa mencukupi kebutuhan yang ada karena masih banyak data di sekolahan yang seharusnya mendapatkan bantuan tetapi belum bisa diberikan bantuan padahal syaratnya sudah dipenuhi.

Peserta sosialisasi, Surip Saputri, menilai kegiatan semacam ini penting untuk digelar. Masyarakat perlu tahu bantuan beasiswa apa saja yang bisa diakses untuk pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement