Advertisement

Pembangunan Jogja Planning Gallery, Pemda DIY Pastikan Ada Nuansa dan Teknologi Baru

Yosef Leon
Sabtu, 03 Agustus 2024 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Pembangunan Jogja Planning Gallery, Pemda DIY Pastikan Ada Nuansa dan Teknologi Baru Taman Jogja Planning Gallery - Harian Jogja - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY memastikan konten yang ditampilkan dan diusung pada kawasan Jogja Planning Gallery (JPG) akan bernuansa berbeda dengan sejumlah destinasi wisata yang sudah ada di wilayah ini.

JPG merupakan salah satu proyek pendukung untuk melengkapi Sumbu Filosofi yang telah ditetapkan jadi warisan budaya dunia. 

Advertisement

Bangunan JPG nantinya akan menempati lokasi di gedung DPRD DIY dan Teras Malioboro 2. JPG digadang-gadang akan jadi destinasi wisata baru di kawasan Malioboro yang akan menampilkan Jogja masa lalu, kini dan masa depan. Teknologi mutakhir pun akan disematkan di sana untuk jadi destinasi pembeda. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY Kurniawan mengatakan kunjungan sejumlah kepala instansi dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beberapa waktu lalu ke Diorama Arsip Jogja dan Biskop 6D bertujuan untuk menambah referensi terkait dengan isi konten yang akan ditampilkan di JPG.

"Kontennya tentu tidak harus sama, artinya kalau JPG sama persis dengan diorama kan nanti bukan saling menguatkan tapi malah saling meniadakan," kata Wawan, Sabtu (3/8/2024). 

DPAD DIY yang ikut terlibat menjadi tim pembangunan dan pengembangan JPG, kata Wawan memastikan bahwa konten yang diusung di dalam JPG nantinya akan sepenuhnya baru.

Sebab Pemda DIY memastikan bahwa segmen yang disasar untuk berkunjung ke JPG adalah beda dengan yang berkunjung ke tempat lain. 

"Justru yang diinginkan jangan sampai sama, harus beda. Kalau sama tentu yang sudah ke Diorama Arsip tidak berniat lagi datang ke JPG begitu pula sebaliknya," ujarnya. 

BACA JUGA: Makan Keripik dengan Saus Meningkatkan Asupan Kalori hingga 77 Persen

Menurut Wawan, Diorama Arsip Jogja mengusung Augmented Reality atau AR yang merupakan teknologi dengan sistem kerja memperoleh penggabungan secara real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata.

Kalangan yang mayoritas berkunjung ke tempat itu terdiri dari para pelajar dan mahasiswa. 

Sementara untuk konten dan tampilan JPG ke depannya, Wawan menyebut tentunya harus ada pembaharuan teknologi dan isi yang akan disampaikan kepada masyarakat luas.

"Harus selalu berinovasi karena kalau tidak, ibarat produk kan jadi tidak menarik kalau tidak dilakukan pembaharuan terutama di unsur teknologinya," katanya.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) DIY Anna Rina Herbranti menyebut sudah menyusun Rancang Bangun Rinci atau Detail Engineering Design (DED) dari JPG.

Hanya saja Anna enggan menjelaskan lebih detail seperti apa konsep bangunan itu ke depannya. Adapun proses pengerjaan DED sudah dilakukan pihaknya pada tahun lalu. "Gedungnya nanti akan dibangun di Malioboro No. 54 dan 56," kata Anna. 

Anna mengungkapkan, ada banyak hal yang nantinya akan ditampilkan menjadi konten atau menjadi suguhan kepada para pengunjung yang datang ke JPG jika gedung tersebut sudah jadi.

Semua yang disuguhkan kepada para tamu masih beririsan dengan kawasan Sumbu Filosofi Jogja yang Malioboro termasuk di dalamnya. 

"JPG menjadi ruang pamer perjalanan kehidupan Jogja mulai perwujudan filosofi, sejarah, bentang alam dan budaya, tata ruang, tata bangunan dan masa depan Jogja serta wadah ruang pamer untuk pelaku seni di Jogja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Termahal di Asean, Ini Tanggapan Menhub

News
| Selasa, 10 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement