Advertisement

Penghijauan Pantai Trisik Dukung Pansela Jadi Halaman Muka DIY

Arief Junianto
Senin, 05 Agustus 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Penghijauan Pantai Trisik Dukung Pansela Jadi Halaman Muka DIY Plt Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad menyerahkan keranjang sampah dan bibit mangrove kepada masyarakat di sekitar Pantai Trisik, Kulonprogo, Senin (5/8/2024). - Istimewa

Advertisement

KULONPROGO—Upaya banyak pihak dalam memoles dan mempercantik wajah pantai selatan DIY terus dilakukan. Kali ini, upaya itu diwujudkan dengan kegiatan penghijauan pantai selatan bertema Dari Pansela untuk Jogja Sejahtera & Istimewa. Aksi peduli lingkungan yang digelar di Pantai Trisik, Dusun Sidorejo, Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur pada Senin (5/8/2023) tersebut diselenggarakan oleh Harian Jogja dan Satpol PP DIY dengan dukungan dari sejumlah pihak. Di antaranya adalah Djarum Foundation, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, produsen air minum dalam kemasan Cheers, Alfamart, Hotel Grand Rohan Jogja, serta Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo.

Upaya penghijauan yang dilakukan yaitu penanaman 100 bibit mangrove dan cemara udang; pelepasan 100 ekor tukik; penyerahan bantuan tempat sampahl dan diakhiri dengan bersih pantai. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari unsur Satpol PP kabupaten/kota di DIY serta Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo.

Advertisement

Plt Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad menjelaskan bakti sosial pada lingkungan ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas. Kegiatan CSR itu diawali dengan menggelar apel siaga. “Hari ini kita laksanakan aksi bersih pantai dan penanaman pohon sebagai salah satu cara mencegah abrasi di Pantai Trisik ini,” kata Noviar dalam amanatnya saat menjadi instruktur Upacara Apel Siaga.

Menurut Noviar, aksi penanaman pohon ini dilatarbelakangi oleh kondisi abrasi pesisir pantai di Kulonprogo yang semakin parah dalam beberapa tahun terakhir. Abrasi membuat pesisir pantai di Kulonprogo berkurang 1,5 meter setiap tahunnya.

“Setelah penanaman pohon ini harapannya teman-teman SRI yang punya pos di Trisik bisa senantiasa merawat pohon cemara udang dan mangrove yang hari ini kita tanam bersama-sama,” imbuhnya.

Adapun bantuan tempat sampah diberikan dengan tujuan menjaga kebersihan di Pantai Trisik.

Noviar Rahmad menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan pengelola konservasi Pantai Trisik, Bambang Narmodo.

Cemara Udang

Sementara itu, perwakilan Pokdarwis Banaran dan Pengelola Objek Wisata Pantai Trisik, Edi Yulianto mengapresiasi rangkaian kegiatan penghijauan tersebut.

“Aksi peduli lingkungan hari ini tentu memiliki dampak positif bagi keberlanjutan lingkungan di Pantai Trisik, terutama penanaman cemara udang sebagai salah satu tanaman khas pantai yang memiliki banyak fungsi,” terang Edi.

Menurutnya, pohon cemara udang merupakan salah satu vegetasi yang cocok untuk rehabilitasi lahan pantai. Selain itu, pohon tersebut berfungsi sebagai perindang, penahan angin, mencegah abrasi, membendung hempasan gelombang laut, dan meredam terpaan pasir yang bergulung di sepanjang pantai.

“Sementara penanaman mangrove yang diselenggarakan di laguna tadi bertujuan untuk menyerap limbah, penahan gelombang pasang dan abrasi, penyedia sumber makanan bagi biota yang hidup di laguna, dan sebagai pencegah intrusi air laut ke daratan,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement