Advertisement

Ratusan Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Pemasaran Online yang Digelar BPO DIY

Media Digital
Jum'at, 09 Agustus 2024 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Ratusan Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Pemasaran Online yang Digelar BPO DIY Salah satu agenda pelatihan pemasaran online yang diselenggarakan BPO DIY di Gedung VII Kampus Amikom Yogyakarta, Jumat (26/7/2024). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

JOGJA—Sebanyak 576 pemuda mengikuti pelatihan keterampilan pemasaran online yang digelar Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY. Pelatihan berlangsung mulai 16 hingga 26 Juli 2024.

Kepala Seksi Pemuda BPO DIY, Rini Admiwati, mengatakan pelatihan pemasaran online terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama diikuti 96 kelompok dan berlangsung pada 16-22 Juli.

Advertisement

Adapun gelombang kedua pelatihan dengan jumlah kelompok yang sama berlangsung pada 22-26 Juli. “Jadi kalau ditotal ada 576 peserta yang terdiri dari anak-anak muda yang mengikuti pelatihan ini. Total ada 182 kelompok,” kata Rini saat dikonfirmasi, Jumat (26/7/2024).

Dia menjelaskan, pelatihan dilaksanakan di Gedung Pamungkas Yogyakarta dan Kampus Amikom Yogyakarta. Selama pelatihan berlangung, peserta diberi berbagai materi untuk meningkatkan keterampilan di bidang pemasaran online.

Materi terdiri dari kekuatan visualisasi foto; teknik fotografi dalam pemasaran online; optimalisasi kamera dalam peningkatan kualitas aset foto; pembuatan karya fotografi untuk mendukung produk/jasa; praktik editing sederhana untuk meningkatkan kualitas foto produk, serta peran penting teknologi informasi bagi pemuda, dan pentingnya kelayakan konten dalam pemasaran digital.

Selain itu, ada pengenalan media sosial dan aplikasi pendukung marketing online; optimalisasi Whatsapp dan IG Business; SEO untuk pemasaran digital; poster digital, video promosi dan fungsinya dalam pemasaran online; pembuatan poster menggunakan Canva; media sosial bisnis sebagai sarana memperluas jangkauan pasar; pembuatan video promosi; review dan evaluasi poster hasil karya peserta; pengembangan dan pemanfaatan kreativitas serta inovasi dalam usaha dan lainnya.

“Ada juga metode pengajuan izin usaha, sertifikasi halal dan informasi seputar SiBakul Jogja; serta strategi mempromosikan produk di era pasar bebas,” katanya.

Menurut dia, pelatihan ini berjalan dengan lancar. Diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang digital marketing. “Nantinya ada tambahan peralatan untuk bantuan modal usaha berupa laptop,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Didik Wardaya, menyambut baik adanya pelatihan pemasaran online yang diselenggarakan oleh BPO DIY, khususnya untuk generasi muda. Kegiatan ini juga didukung DPRD DIY. “Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dan informatika untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Selain itu, program ini juga bisa membantu peserta mengembangkan diri untuk terjun ke dunia bisnis online. “Untuk optimalisasi dalam pelatihan, masing-masing kelompok akan diberi hibah laptop,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement