Advertisement

40 Anggota DPRD Kota Jogja Resmi Dilantik

Media Digital
Senin, 12 Agustus 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
40 Anggota DPRD Kota Jogja Resmi Dilantik Pengambilan sumpah jabatan oleh anggota DPRD Kota Jogja terpilih, Senin (12/8/2024). - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Sebanyak 40 anggota DPRD Kota Jogja terpilih dilantik, Senin (12/8/2024). Prosesi pelantikan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB di ruang rapat paripurna. Anggota Dewan terpilih hadir dengan didampingi keluarga masing-masing.

Prosesi pelantikan diawali dengan sambutan Ketua DPRD Kota Jogja Danang Rudiyatmoko. Lalu, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah atau janji DPRD bagi anggota Dewan terpilih masa jabatan 2024-2029.

Advertisement

Sementara pembacaan sumpah dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Jogja dan didampingi oleh rohaniawan dari agama Islam, Kristen, dan Katolik.

Setelah itu, pimpinan sidang yang semula adalah Danang Rudiyatmoko, diserahkan kepada Pimpinan Sementara DPRD Kota Jogja, Wisnu Sabdono Putro yang didampingi oleh DPRD terpilih Sinarbiyat Nujanat.

Saat ditemui seusai pelantikan, Wisnu menyebut pihaknya akan melanjutkan ketugasan yang sudah dilakukan oleh Ketua DPRD sebelumnya.

Selanjutnya, akan ada pembentukan fraksi dan alat kelengkapan. "Baru nanti bersama-sama dengan fraksi-fraksi untuk melanjutkan menjadi Ketua DPRD definitif," jelas Wisnu.

Alat kelengkapan Dewan akan terbentuk paling lama dalam kurun waktu dua bulan. Jika bisa lebih cepat, maka menurutnya lebih baik. Di sisi lain, Wisnu memastikan pihaknya akan membangun sinergitas dengan jajaran eksekutif. "Mungkin kan sekarang Pj dulu, baru nanti setelah Pilkada dinyatakan ada wali kota yang definitif, kita akan melakukan sinergi antara legislatif dan eksekutif," imbuhnya.

Sementara itu, momen pelantikan ini turut menjadi momen yang paling ditunggu oleh Solihul Hadi, anggota DPRD Kota Jogja terpilih dari Fraksi PKB. Ini menjadi kali pertama bagi PKB mengirimkan kadernya untuk bisa duduk di kursi DPRD Kota Jogja setelah absen selama 20 tahun.

Solihul mengatakan dia siap untuk bersinergi dengan jajaran Pemkot Jogja. Kaitannya dengan masalah strategis di Kota Jogja. "Berkaitan dengan isu sampah, penanganan stunting, pengangguran dan pembangunan yang lain. Di belakang kami ada warga Nahdlyin, siap untuk bersinergi," tuturnya.

Solihul menambahkan, dia siap mendukung sepenuhnya langkah yang diambil oleh Gubernur DIY. Utamanya dalam mengamankan Keistimewaan DIY.

Dia pun mengaku siap bekerja sama dengan seluruh pihak terkait. "Tentu dengan tujuan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat di Kota Jogja," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berwisata di Orbit Bumi, Miliarder Tangan Kanan Elon Musk Ini Akhirnya Berhasil Pulang

News
| Senin, 16 September 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement