Advertisement

Satpol PP DIY Terima Sertifikat ISO 45001, Pengamanan Destinasi Wisata Sesuai Standar Internasional

Media Digital
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Satpol PP DIY Terima Sertifikat ISO 45001, Pengamanan Destinasi Wisata Sesuai Standar Internasional Serah terima Sertifikat ISO 45001 dari Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X kepada Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad di Stadion Mandala Krida, Jumat (23/8/2024). - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY menerima Sertifikat ISO 45001. Sertifikat tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X kepada Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad di Stadion Mandala Krida, Jumat (23/8/2024).

Noviar menjelaskan sertifikat ini merupakan sertifikasi di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang secara khusus diberikan kepada 328 anggota Satlinmas Rescue Istimewa.

Advertisement

Ratusan personel tersebut tersebar di delapan korwil di DIY, mulai dari sepanjang Pantai Selatan, Waduk Sermo, hingga kawasan Gunung Merapi. “Satlinmas Rescue Istimewa memberikan pertolongan perlindungan kepada wisatawan. Kemudian tugas-tugas dia sudah betul-betul diakui dengan adanya pengakuan ISO tadi,” ujar Noviar, Jumat (23/8/2024).

Noviar mengatakan sertifikasi ini menjadikan upaya penyelamatan yang dilakukan oleh Satlinmas Recue Istimewa sudah sesuai standar dan diakui secara internasional. Belum lama ini, Satlinmas Rescue Istimewa turut dalam penyelamatan korban kecelakaan laut di Pantai Glagah dan Parangtritis. Noviar menyebut keberadaan Satlinmas Rescue Istimewa menjadi pelengkap dan bentuk kolaborasi dengan Basarnas maupun BPBD. “Kami tidak bisa berdiri sendiri. Satpol PP bekerja sama dengan TNI, Polri, Basarnas. Kami juga bekerja sama dengan BPBD,” ujar dia.

Pemberian ISO 45001 kepada Satpol PP ini digelar bersamaan dengan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas. 

Dalam upacara peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas yang didanai oleh Dana Keistimewaan (Danais) DIY itu, Noviar mengatakan ini menjadi momentum untuk mengembalikan marwah Satpol PP. Menurutnya, saat ini banyak pihak yang menganggap Satpol PP adalah musuh masyarakat. Padahal, sejak dibentuk pertama kali di DIY 74 tahun lalu, muruah Satpol PP merupakan pendidik hingga pengayom masyarakat.

Dia menegaskan Satpol PP benar-benar menghindari tindakan represif kepada masyarakat. “Muruah Satpol PP yang ada di Indonesia sudah kehilangan arah, sehingga banyak yang bilang Satpol PP musuh masyarakat. Ini sangat jauh dengan yang dicita-citakan. Tema HUT kali ini menjadikan Satpol PP yang humanis, mengayomi, dan bersahabat dengan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam IX yang membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan apresiasi kinerja Satpol PP dan Satlinmas selama ini. Satpol PP adalah penegak peraturan daerah dan penjaga ketertiban. Sementara Satlinmas juga telah menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana dan menjaga ketertiban.

“Di hari istimewa ini mari perbaharui semangat untuk terus memberikan yang terbaik dalam tugas kita. Dengan kerja keras, dedikasi, dan koordinasi yang baik kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan sejahtera bagi masyarakat DIY,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement