Advertisement

Proyek Tol Jogja-Solo Sentuh Ring Road Utara Mulai September, Makan Jalan 12 Meter

Catur Dwi Janati
Sabtu, 24 Agustus 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Proyek Tol Jogja-Solo Sentuh Ring Road Utara Mulai September, Makan Jalan 12 Meter Suasana proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 di Tirtoadi pada Kamis (6/6/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proyek pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman dipastikan akan menyasar ke area Ring Road Utara pada September mendatang. Sejumlah tahapan akan dilaksanakan sebelum pembangunan pilar-pilar tol melayang di atas jalan Ring Road digarap.

Informasi bakal masuknya proyek ke area Ring Road ini disampaikan langsung oleh Humas Proyek Tol Jogja Solo YIA Area DIY, PT Adhi Karya, Agung Murhandjanto.

Advertisement

Agung menjelaskan bila proyek tol akan mulai memasuki area Ring Road pada bulan depan, tepatnya pada pertengahan September. "Direncanakan pada pertengahan September 2024, tahapan Pembangunan jalan Tol Jogja-Solo-YIA paket 2.2 akan memasuki area ring road yang ada di wilayah Kronggahan, Trihanggo, Gamping Sleman," kata Agung, Sabtu (28/8/2024).

Dalam desainnya, konstruksi tol di area Ring Road Utara ini akan dibangun secara elevated atau melayang. Selama proses pengerjaannya, kontraktor akan mengambil ruang jalan di tengah ring road dengan lebar 12 meter dengan panjang satu kilometer. 

"Untuk melakukan pekerjaan tersebut perlu dipersiapkan sebaik mungkin dan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah sleman dan DIY," ujar dia. 

Terkait dengan rencana masuknya proyek ke area Ring Road, PT Adhi Karya selaku kontraktor yang membangun proyek Tol Jogja Solo Paket 2.2 sebelumnya telah bertemu dan mempresentasikan rencana ini kepada Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Dishub Sleman dan Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD DIY).

"Dalam pertemuan tersebut dipaparkan tentang schedule pekerjaan, metode pekerjaan tol elevataed [melayang] yang akan dilakukan di area Ring Road Utara Trihanggo, Gamping Sleman dan manajemen rekayasa lalu lintas," ujar dia.

Sebagai gambaran, pengerjaan tol di area Ring Road Utara seputaran depan UTY hingga tikungan Nglarang akan diawali dengan pemasangan Pagar Proyek Daur Ulang (PPDU). Instalasi pagar ini berfungsi untuk pemisah antara ruas jalan yang masih aktif dengan aktivitas proyek di dalamnya. 

Adanya pagar juga berfungsi untuk keamanan proyek maupun pengendara di sisi luar. Pasalnya selama proyek berlangsung sisa jalan ring road yang ada diproyeksikan tetap digunakan untuk para pengendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Kekurangan 120 Ribu Dokter Umum

News
| Rabu, 18 September 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement