Advertisement

Puluhan Lampu Penerangan Jalan di Bantul Hilang Dicuri, Dishub Minta Tambahan CCTV

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 27 Agustus 2024 - 18:27 WIB
Maya Herawati
Puluhan Lampu Penerangan Jalan di Bantul Hilang Dicuri, Dishub Minta Tambahan CCTV Foto ilustrasi lampu penerangan jalan umum yang kurang memadahi / StockCake

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul menyayangkan adanya puluhan pencurian lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Bantul. Dishub Bantul pun meminta agar ada penambahan CCTV untuk mengantisipasi kasus serupa.

Kepala Bidang Perlengkapan Jalan Dishub Bantul, Agus Sutomo menyampaikan, ada puluhan pencurian LPJU sepanjang tahun 2024. Dia mengungkapkan, modus pencurian LPJU dilakukan dengan mencuri komponen miniature circuit breaker (MCB). Sehingga, LPJU tersebut tidak menyala.

Advertisement

Agus menuturkan, harga MCB sendiri sekitar Rp200.000-Rp300.000. Meski begitu, lantaran kasus pencurian terjadi hingga puluhan kasus, pihaknya mengaku kewalahan untuk menanganinya.

Menurutnya, pencurian LPJU akan memperparah kondisi penerangan jalan di Bantul. Sebab saat ini hanya ada sekitar 10.000-11.000 unit LPJU dari kebutuhan sekitar 28.000 unit.

“Pencurian [LPJU] akan mengakibatkan padamnya lampu, itu dapat meningkatkan angka kejahatan dan angka kecelakaan. Kami menargetkan angka kejahatan dan kecelakaan berkurang,” ujar Agus, Selasa (27/8/2024).

Dia mengatakan, LPJU yang ada saat ini telah diberikan kunci pengaman. Meski begitu, pelaku tetap melakukan aksinya.

Terhadap kasus pencurian yang terjadi, dia mengaku telah menyampaikan laporan ke pihak kepolisian. Pihaknya pun telah berupaya melakukan pengawasan dan pengendalian untuk mengantisipasi pengulangan kasus.

BACA JUGA: Siap-Siap, Pemerintah Bakal Melarang Penjualan Mobil BBM Baru

Menurut Agus, sumber daya manusia (SDM) Dishub Bantul pun terbatas untuk melakukan pengawasan langsung. Menurutnya, perlu ada penambahan CCTV untuk menekan kasus serupa.

“CCTV bisa ditempatkan di perempatan atau simpang tiga, sehingga LPJU juga bisa diawasi,” katanya.

Sementara itu, saat ini jumlah CCTV milik Pemkab Bantul kurang dari 20 unit. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul pun telah mengajukan penambahan CCTV untuk tahun depan.

“Pengadaan CCTV tahun depan baru kami usulkan, kepastiannya masih proses. Menunggu proses pengusulan anggaran untuk tahun depan,” kata Kepala Diskominfo Bantul, Bobot Ariffi' Aidin.

Bobot tidak menyebut jumlah alokasi anggaran pengadaan CCTV untuk tahun depan. Meski begitu, menurutnya, Diskominfo Bantul tengah mengusulkan tambahan beberapa CCTV di persimpangan jalan yang banyak dilalui pengendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelabuhan di Kawasan Industri Terpadu Batang Ditarget Beroperasi Awal 2025

News
| Sabtu, 14 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement