Advertisement

Forum Komunikasi Keamanan Siber Akan Dibentuk untuk Melindungi Data Regional

Sunartono
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 09:17 WIB
Sunartono
Forum Komunikasi Keamanan Siber Akan Dibentuk untuk Melindungi Data Regional akar Digital Forensik UII Yudi Prayudi (kanan). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kolaborasi lintas sektor dibutuhkan untuk membangun perlindungan data di tingkat regional. BSSN bersama UII menggagas forum komunikasi keamanan siber untuk memberikan perlindungan data.

Wacana ini mengemuka dalam seminar bertajuk Cybersecurity Seminar & Workshop: Enhancing Incident Response Readiness & Collaborative Strategies Kamis (29/8/2024). Pakar Digital Forensik UII Yudi Prayudi menjelaskan melihat perkembangan serangan siber yang terjadi akhir-akhir ini maka sebaiknya level daerah harus memastikan perlindungan data. Pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya keamanan siber di seluruh sektor harus ditumbuhkan antar sektor.

Advertisement

BACA JUGA : Lindungi Data Penting, Setiap Dinas di Sleman Terapkan Standar Keamanan Siber

"Oleh karena itu kerja sama antara berbagai sektor untuk melindungi informasi sensitif, data pribadi, dan infrastruktur kritis. Melalui pertemuan ini kami juga mendorong pembentukan dan penguatan Tim Tanggap Insiden Siber [CSIRT] regional untuk meningkatkan kesiapan keamanan siber," katanya dikutip Jumat (30/8/2024).

Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusia Badan Siber dan Sandi negara (BSSN) Agus Prasetyo menambahkan BSSN dan para mitra berencana untuk mengagendakan kegiatan serupa di daerah lain di Indonesia. Salah satu targetnya adalah terbentuknya forum komunikasi keamanan siber yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah tersebut.

"Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk memperkuat kerja sama dan koordinasi dalam menghadapi tantangan keamanan siber di tingkat regional," katanya.

Ia berharap melalui forum tersebut ke depan komunikasi penanganan siber bisa berlangsung dengan cepat. "Karena di setiap forum mesti ada pertemuan, sharing. Sehingga tukar informasi tidak harus menunggu harus mengirimkan surat antar dinas, tetapi bisa dipecahkan bersama dalam forum tersebut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement