Advertisement

UMKM Lokal Jogja Difasilitasi Transaksi di Plaza Ngasem

Sunartono
Sabtu, 31 Agustus 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
UMKM Lokal Jogja Difasilitasi Transaksi di Plaza Ngasem Salah satu UMKM yang difasilitasi untuk transaksi di Smexpo, Jumat (30/8/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 30 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal Jogja difasilitasi pameran tertajuk Small Medium Enterprise Expo (Smexpo) di Plaza Ngasem, Kota Jogja, Jumat (30/8/2024). UMKM tersebut banyak didominasi dengan konsep ramah lingkungan yang dikelola oleh perempuan.

Sebelumnya UMKM ini telah mendapatkan pendampingan dari Pertamina, melalui Smexpo para pelaku UMKM dipertemukan dengan buyer nasional maupun internasional. Adapun pelaku UMKM perempuan tersebut telah melalui kurasi dari women preneur yang ada di DIY. Pada hari pertama, UMKM mampu mendapatka transaksi sebesar Rp30 juta.

Advertisement

BACA JUGA : Pemkab Dorong Kenaikan Transaksi UMKM melalui Katalog Elektronik Lokal

"Di DIY setiap tahun ada 1.100 women preneur yang kami dampingi, pendaftarnya sekitar 7.000. Mereka kami dampingi untuk mengubah mindset dari sebelumnya hanya berjualan secara tradisional tetapi kami dorong untuk punya akses ke ranah digital sehingga pasarnya luas," kata Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud, Jumat.

Adapun sebanyak 30 UMKM yang difasilitasi di Smexpo tersebut terdiri atas UMKM dari lulusan Women Preneur, UMKM binaan pertamin dan UMKM warga setempat. "Kami upaya agar mereka ini bisa bertemu dengan buyer yang tidak hanya nasional tetapi internasional. Kami mendorong juga agar ada keterlibatan warga lokal dalam memproduksi, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan," katanya.

Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto mengapresiasi terselenggaranya event Smexpo karena lewat pameran menjadi salah satu promosi bagi UMKM lokal untuk bisa berkembang. Jogja sebagai kota seni budaya dan pariwisata menjadi salah satu pusat dari UMKM .

"Dengan event ini harapanya, akan dapat memperkenalkan sentra industri kecil pada masyarakat luas dan meningkatkan kualitas dan promosi produk agar lebih inovatif dan berkualitas ekspor. Keativitas industri yang ada di Kota Jogja harapannya mampu bersaing," ujarnya.

BACA JUGA : Dinkop UKM Yogyakarta Dorong Pertumbuhan IKM

Direktur SDM Pertamina Erry Sugiharto menambahkan pameran di Plaza Ngasem ini menjadi salah satu inovasi dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang rutin diadakan setiap tahun. Selain di Kota Jogja juga digelar di Makassar, Bandung, Bandar Lampung dan Jakarta. “Lokal jadi vokal ini adalah tema yang harapannya dapat mengangkat UMKM ke kancah nasional dan internasional," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

WNI Korban TPPO di Kamboja Diduga Jadi Operator Judi Online

News
| Sabtu, 14 September 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement