Advertisement

Beri Libur Dua Hari, Wagner Lopes Siapkan Program untuk Pulihkan Kepercayaan Diri Pemain PSS

Catur Dwi Janati
Sabtu, 31 Agustus 2024 - 17:27 WIB
Ujang Hasanudin
Beri Libur Dua Hari, Wagner Lopes Siapkan Program untuk Pulihkan Kepercayaan Diri Pemain PSS Pelatih Kepala PSS Sleman, Wagner Lopes. - Istimewa // PSS Sleman 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN --  Usai menelan tiga kekalahan beruntun PSS di awal kompetisi BRI Liga 1-2024/25, para penggawa PSS Sleman akhirnya diliburkan dua hari usai pertandingan terakhir lawan Semen Padang FC. Keputusan ini diambil Pelatih Kepala PSS, Wagner Lopes agar bisa memberikan dampak positif terhadap kondisi psikologis para pemain.

Lopes bahkan meracik program latihan untuk mengembalikan kepercayaan diri para pemain. "Kami sudah memberikan program-program latihan agar pemain kembali percaya diri menghadapi pertandingan berikutnya. Fokus kami adalah mengembalikan semangat dan keyakinan mereka untuk tampil maksimal," kata Lopes pada Jumat (30/8/2024) di Lapangan Pakembinangun, Sleman.

Advertisement

Pelatih asal Brasil-Jepang itu melanjutkan bahwa seluruh pemain harusnya sadar diri dengan hasil buruk yang diperoleh tim pada tiga laga terakhir. Pemain lanjut Lopes harus lebih fokus untuk memperbaiki performa pada pertandingan berikutnya. 

"Poin utamanya adalah kami harus sadar diri dengan hasil seperti ini. Kita harus bekerja lebih baik dalam pertandingan berikutnya dengan mengikuti instruksi yang pelatih minta," tegasnya.

BACA JUGA: 2024/2025, Komposisi Ideal PSIM untuk Melaju ke Liga 1

Selain membangkitkan mental pemain, Lopes juga melakukan evaluasi pada timnya. Evaluasi ini dilakukan tidak hanya difokuskan pada satu lini saja, melainkan menyeluruh ke berbagai lini. Pasalnya bagi Lopes, sepak bola adalah permainan tim yang mengandalkan kerja sama dan kontribusi dari semua pemain di setiap lini.

"Saya tidak akan memberikan sorotan hanya kepada satu lini saja. Melainkan kepada bagaimana tim ini bekerja sama," tandas Lopes.

Lopes menambahkan jika permainan sepak bola di lapangan tak bisa dilepaskan dari kerja sama tim. Setiap lini, dari belakang hingga lini paling depan disebut Lopes punya peran pentingnya masing-masing di lapangan. 

"Di sepakbola, ini adalah tentang kerja sama tim. Setiap pemain, dari lini belakang hingga depan memiliki peran penting dan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, evaluasi akan diberikan kepada seluruh lini, bukan hanya pada satu bagian saja," imbuhnya. 

Karenanya Lopes juga menginstruksikan kepada seluruh pemain PSS untuk terus berusaha dengan kegigihan yang lebih tinggi lagi agar keluar dari situasi buruk ini. Lopes meyakini dukungan dan doa suporter PSS Sleman aman terus mendampingi Super Elja baik di saat susah dan senang.

"Para pemain harus menyadari bahwa mereka bermain bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk kesetiaan suporter yang selalu ada di belakang kita. Ini adalah momen bagi kita untuk bekerja lebih keras dan membuktikan bahwa kita pantas mendapatkan dukungan mereka," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement