Advertisement

Pengosongan Bong Suwung: KAI Sudah Peroleh Serat Palilah dari Kraton Jogja, Warga Terdampak Diberi Bantuan Biaya Bongkar

Lugas Subarkah
Minggu, 01 September 2024 - 06:17 WIB
Sunartono
Pengosongan Bong Suwung: KAI Sudah Peroleh Serat Palilah dari Kraton Jogja, Warga Terdampak Diberi Bantuan Biaya Bongkar Kawasan Bong Suwung di Sisi Barat Stasiun Tugu Jogja. Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT KAI akan melakukan pengosongan rumah di Bong Suwung Jogja dengan alasan kawasan tersebut termasuk wilayah emplasemen Stasiun Tugu Jogja. Pengosongan dilakukan untuk keselamatan warga maupun perjalanan kereta api.

Manajer Humas Daop 6, Krisbiyantoro berharap agar warga Bong Suwung segera mengosongkan kawasan tersebut demi keselamatan bersama. “Agar warga sadar akan arti keselamatan dengan bisa berperan ikut mensterilkan area tersebut,” katanya Kamis (29/8/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Penataan Kawasan Bong Suwung Jogja, Warga Minta Dispensasi Waktu

PT KAI memberikan bantuan biaya bongkar sebesar Rp150.000 per meter persegi kepada 74 bangunan warga terdampak dan satu bangunan sebagai balai pertemuan .“PT KAI sudah melakukan tahapan yang semestinya, berkoordinasi dengan Pemkot setempat, kewilayahan, dan juga ke warga,” katanya.

Ia juga mengaku PT KAI sudah mendapatkan izin Serat Palilah dari pihak Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk hal penertiban area tersebut. “Tentunya kami juga akan mempertimbangkan hasil audiensi warga bong suwung ke DPRD hari ini,” katanya.

Sebelumnya, puluhan warga Bong Suwung beraudiensi dengan DPRD DIY. Mereka meminta agar pengosongan Kawasan Bong Suwung bisa ditunda dua atau tiga tahun lagi.  Hingga saat ini, belum ada warga Bong Suwung yang meninggalkan rumahnya.

Program Penertiban bangunan di Bong suwung yang masuk di area ruang milik jalan (rumija) bahkan aktivitas yang sering terjadi di ruang manfaat jalan (rumaja) menjadikan tidak steril nya bagian jalur KA.

BACA JUGA : Bong Suwung Segera Dikosongkan, Ini Alasan PT KAI

“Hal ini bisa berakibat pada keselamatan perjalanan KA. Area tersebut masih termasuk emplasemen Stasiun Jogja yang harus  dijaga kebersihannya, ketertibannya dari berbagai aktivitas yang bisa mendukung keselamatan bersama, yakni keselamatan masyarakat dan perjalanan KA,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Data NPWP Diduga Bocor, Ini Perintah Sri Mulyani kepada DJP

News
| Kamis, 19 September 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement