Advertisement

Bong Suwung Segera Dikosongkan, Ini Alasan PT KAI

Lugas Subarkah
Kamis, 29 Agustus 2024 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Bong Suwung Segera Dikosongkan, Ini Alasan PT KAI Kawasan Bong Suwung di Sisi Barat Stasiun Tugu Jogja. Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kebijakan pengosongan Kawasan Bong Suwung, Jogja, oleh PT KAI belum bisa terlaksana karena warga belum menyanggupi pindah dalam waktu dekat.

PT KAI menegaskan jika pengosongan Kawasan ini diperlukan untuk keselamatan baik warga maupun perjalanan kereta api (KA).

Advertisement

Manajer Humas Daop 6, Krisbiyantoro, menjelaskan program Penertiban bangunan di Bong suwung yang masuk di area ruang milik jalan (rumija) bahkan aktivitas yang sering terjadi di ruang manfaat jalan (rumaja) menjadikan tidak steril nya bagian jalur KA.

“Hal ini bisa berakibat pada keselamatan perjalanan KA. Area tersebut masih termasuk emplasemen Stasiun Jogja yang harus  dijaga kebersihannya, ketertibannya dari berbagai aktivitas yang bisa mendukung keselamatan bersama, yakni keselamatan masyarakat dan perjalanan KA,” katanya, Kamis (29/8/2024).

PT KAI berharap agar warga Bong Suwung segers mengosongkan kawasan tersebut demi keselamatan bersama. “Agar warga sadar akan arti keselamatan dengan bisa berperan ikut mensterilkan area tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA: Dongkrak Kunjungan Wisata, Dinpar Bantul Bikin Festival 1001 Lampion Terbang

Untuk mendukung hal tersebut, PT KAI juga memberikan bantuan biaya bongkar sebesar Rp150.000 per meter persegi kepada 74 bangunan warga terdampak dan satu bangunan sebagai balai pertemuan .

“PT KAI sudah melakukan tahapan yang semestinya, berkoordinasi dengan Pemkot setempat, kewilayahan, dan juga ke warga,” katanya.

Ia juga mengaku PT KAI sudah mendapatkan izin Serat Palilah dari pihak Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk hal penertiban area tersebut.

“Tentunya kami juga akan mempertimbangkan hasil audiensi warga bong suwung ke DPRD hari ini,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan warga Bong Suwung beraudiensi dengan DPRD DIY. Mereka meminta agar pengosongan Kawasan Bong Suwung bisa ditunda dua atau tiga tahun lagi.  Hingga saat ini, belum ada warga Bong Suwung yang meninggalkan rumahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Masih Dikerjakan Tanpa Kajian Hukum yang Memadai

News
| Rabu, 18 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement