Advertisement

Isu Sampah Jadi Program Prioritas 3 Cawalkot Jogja

Alfi Annisa Karin
Minggu, 01 September 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Isu Sampah Jadi Program Prioritas 3 Cawalkot Jogja Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU Kota Jogja telah menerima berkas pendaftaran dari 3 calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja. Ketiganya adalah pasangan Afnan Hadikusumo-Singgih Raharjo, Heroe Poerwadi-Sri Widya Supena, dan Hasto Wardoyo-Wawan Harmawan. Ketiga calon pemimpin Kota Jogja itu menjadikan program penuntasan masalah sampah menjadi prioritas. Ini sejalan dengan masalah sampah yang masih terus terjadi di Kota Jogja hingga hari ini.

Calon Wakil Wali Kota Jogja yang juga mantan Pj Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut dia bersama Afnan Hadikusumo akan fokus pada persoalan sampah. Menurutnya, sampah menjadi persoalan di Kota Jogja yang bahkan masih tampak jelas terasa hingga kini.

Advertisement

"Ada satu hal di depan mata yaitu sampah. Kami akan menuntaskan tentang permasalahan sampah di Kota Jogja," ujar Singgih usai mendaftarkan diri ke KPU Kota Jogja beberapa waktu lalu.

Selain persoalan sampah, Afnan Hadikusumo juga akan memperjuangkan beberapa hal lainnya. Diantaranya, dia akan berupaya untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran yang hingga kini jumlahnya masih fluktuatif. Di sisi lain, pasangan Afnan-Singgih juga akan mengarahkan pendidikan di Kota Jogja menjadi unggul dan berkelas internasional. "Dari sisi budaya juga kami akan mengarahkan budaya yang menginternasional, sehingga dikenal di seluruh dunia," kata Afnan.

Sementara, pasangan Heroe-Supena telah merumuskan sebanyak 11 program prioritas yang akan diusung jika terpilih nanti. Heroe menjelaskan, satu dari 11 program prioritasnya itu adalah penuntasan masalah sampah. Ini bahkan menempati posisi paling atas.

BACA JUGA: Forum Politisi Muda Ajak Generasi Muda Berpartisipasi Ciptakan Pilkada Aman Damai

Di sisi lain, Heroe-Supena juga akan mengembangkan pusat-pusat inkubasi bisnis bagi anak muda, melakukan optimalisasi manajemen transportasi terintegrasi, pengembangan Jogja Night Market, serta pengembangan kawasan Kota Jogja bagian selatan.

"Lalu kami akan meperkuat Kota Jogja sebagai kota ramah anak, lansia, perempuan, dan difabel. Meningkatkan ketersediaan lahan makam dan santunan kematian, memperkuat Kota Jogja sebagai Kota Festival, hingga optimalisasi jaga warga dan pemasangan CCTV  berbasis wilayah," ungkap Heroe.

Sedangkan, pasangan Hasto-Wawan juga akan berupaya menuntaskan masalah sampah. Hasto Wardoyo menuturkan, dia bersama Wawan Harmawan akan menciptakan Kota Jogja sebagai kota yang sehat. Dia akan menjadikan penuntasan sampah menjadi prioritas. "Sampah menjadi prioritas bagi saya. Bagi saya gotong royong jadi penting," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hasil Semifinal Sepak Bola Putra PON XXI: Jabar Melaju ke Final Usai Kalahkan Kalsel Lewat Drama Adu Penalti

News
| Senin, 16 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement