Advertisement

Rekrutmen CPNS Kulonprogo, 6 Formasi Masih Kosong Pendaftar

Triyo Handoko
Senin, 02 September 2024 - 16:37 WIB
Ujang Hasanudin
Rekrutmen CPNS Kulonprogo, 6 Formasi Masih Kosong Pendaftar Ilustrasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Proses pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS di Pemkab Kulonprogo sudah diisi 994 orang. Sayangnya rekrutmen yang akan ditutup 6 September ini masih menyisakan enam formasi CPNS yang kosong pendaftarannya hingga Senin (2/9/2024).

Dari 994 pendaftar CPNS Kulonprogo per Senin siang ini, yang sudah mengunggah berkas pendaftaran secara lengkap baru 260 orang. Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo menyebut belum mendapat kepastian dari pemerintah pusat terkait perpanjangan masa pendaftaran CPNS tersebut.

Advertisement

Enam formasi CPNS Kulonprogo yang masih kosong itu antara lain posisi dokter yang direncanakan ditempatkan di RSUD Wates. Formasi dokter yang sepi peminat ini untuk spesialis urologi, dermatologi, dan  radiologi. Kepala BKPP Kulonprogo, Sudarmanto menyebut sedangkan tiga posisi yang belum ada pendaftar CPNS ini adalah posisi staf pemerintahan di Kapanewon Sentolo serta dua posisi yang kuotanya untuk difabel.

Kuota difabel yang belum terpenuhi ini posisinya untuk staf pengadaan barang dan jasa di Pemkab Kulonprogo. "Kalau kuota difabel ini kebijakan pusat besarannya 2 persen dari total formasi, sehingga dari 90 formasi yang dibuka kami ambil untuk difabel dua posisi," jelas Sudarmanto.

BACA JUGA: Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan 205 PPPK, Diumumkan Besok

Sudarmanto menjelaskan pendaftar CPNS untuk difabel syaratnya hanya perlu keterangan kesehatan yang menunjukan disabilitasnya. "Selain itu pelamar kuota difabel diminta bikin video yang menunjukan aktivitas kesehariannya, selain itu syarat umum biasa," paparnya.

Meskipun menyisakan enam formasi yang masih kosong pendaftar CPNS Kulonprogo, Sudarmanto optimis dapat terpenuhi. Tantangan pemenuhan kebutuhan CPNS itu berada pada formasi dokter spesialis sebabnya lulusan untuk posisi tersebut memang sedikit.

Jika hingga pendaftaran CPNS ditutup oleh pemerintah pusat terdapat formasi yang kosong, lanjut Sudarmanto, maka terpaksa kuota tersebut tak terpenuhi. "Pengalaman sebelumnya tidak ada perpenjangan masa pendaftaran, sehingga kami imbau agar masyarakat yang tertarik segera melakukan pendaftaran dan melengkapi berkas syarat administratif seperti yang sudah diumumkan," tuturnya.

Setelah proses rekrutmen CPNS rampung dengan kandidat terpilih. Sudarmanto menyebut pihaknya kaan membuka pendaftaran untuk PPPK, sehingga bagi pelamar CPNS yang belum lolos bisa mengikuti rekrutmen PPPK. "Tidak usah berkecil hati bisa mencoba mendaftar PPPK selanjutnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement