Advertisement

Dinsos Gunungkidul Kucurkan 62 Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 04 September 2024 - 23:47 WIB
Maya Herawati
Dinsos Gunungkidul Kucurkan 62 Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas Warga disabilitas / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-PPPA) Gunungkidul memberi bantuan sosial berupa alat bantu bagi penyandang disabilitas yang ada di Gunungkidul sebanyak 62 alat.

Kepala Dinsos-PPPA Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan jumlah penduduk penyandang disabilitas di Gunungkidul pada 2024 mencapai 6.286 orang. Dari jumlah itu, 21% atau 1.303 orang merupakan penyandang disabilitas fisik. Adapun 600 orang atau 9% merupakan penyandang disabilitas sensorik.

Advertisement

Rincian bantuan tersebut yaitu 48 kursi roda dan 14 alat bantu gerak lainnya, seperti kruk dan alat bantu jalan.

Program tersebut merupakan implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) No.9/2016 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Dalam Perda itu, ada empat hak yang harus dipenuhi bagi penyandang disabilitas di bidang sosial. Salah satunya adalah alat bantu. Anggaran yang digunakan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

BACA JUGA: Ini Daftar Cabai Berbagai Negara Mulai dari Paling Pedas, Cabai Rawit Indonesia Urutan Tujuh

Tidak hanya alat bantu, pada Pasal 33 Perda itu juga secara tegas menyatakan bahwa penyandang disabilitas mempunyai hak dan/atau kesempatan untuk mendapat rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan pelindungan sosial.

“Bantuan untuk tahun depan kami sudah mulai merancang juga,” kata Asti, Rabu (4/9/2024). Dinsos-PPPA Gunungkidul juga bekerja sama dengan Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial dan Dinas Kesehatan DIY dalam mencukupi kebutuhan alat bantu khusus bagi penyandang disabilitas.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta meminta masyarakat segera melapor kepada petugas di masing-masing desa apabila ada penyandang disabilitas yang belum memiliki alat bantu. Dia juga mendorong penyandang disabilitas untuk tidak khawatir atau minder.

Purnawirawan TNI AD ini berharap pemberian bantuan tersebut dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas di Gunungkidul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendidikan Politik Seharusnya Jadi Tanggung Jawab Seluruh Elemen Masyarakat

News
| Jum'at, 27 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement