Advertisement

Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Segera Dioperasikan Pekan Ini, Arus dari Tol Trans Jawa ke Jogja Jadi Lebih Cepat

Sunartono
Rabu, 18 September 2024 - 08:27 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Segera Dioperasikan Pekan Ini, Arus dari Tol Trans Jawa ke Jogja Jadi Lebih Cepat Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka pada (22/12) pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I saat arus mudik Natal 2023. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho - nz. \\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tol Jogja-Solo untuk ruas Kartasura-Klaten akan dioperasikan pada pekan ini seiring rencana peresmian yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Jika ruas tol ini resmi dioperasikan maka akan memangkas waktu perjalanan dari Solo menuju Jogja, sehingga perjalanan dari Tol Trans Jawamenuju Jogja akan lebih cepat.

Adapun ruas tol diperkirakan panjang 22,3 kilometer. Jika dari arah Kartasura, akan masuk melewatu Gerbang Tol (GT) Banyudono yang secara administrasi berada di wilayah Desa Kuwiran, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. GT Banyudono.

Advertisement

BACA JUGA : Desain Berubah, Tol Jogja-Solo Ruas Purwomartani-Maguwo Dibangun Melayang Mulai Januari 2025

Dari GT Banyudono ke arah barat, ruas ini akan melewati GT Karanganom di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten dan berakhir di GT Ngawen yang terhubung dengan Kota Klaten. Kepastian operasional Tol Jogja-Solo untuk ruas Kartasura-Klaten yang akan diresmikan langsung oleh Jokowi ini disampaikan Staf Ahli Direksi PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Bidang Pengadaan Tanah, Muhammad Amin.

"Rencananya 18 September 2024, tapi ini masih menunggu konfirmasi dari pihak beliau. Bisa geser maju atau mundur, terakhir 18 [September] di [GT] Banyudono,” katanya dilansir Solopos, Jumat (13/8/2024) lalu.

Operasional ruas tol ini diprediksi akan mempercepat arus lalu lintas menuju Jogja. Arus dari tol Trans Jawa yang masuk ke Tol Jogja-Solo untuk tujuan Solo akan keluar dari GT Ngawen selanjutnya menuju ke Jalan Protokol Jogja-Solo di Kota Klaten. Sehingga hanya butuh waktu 32 menit atau sekitar 18 kilometer saja untuk bisa sampai di wilayah Jogja, khususnya Prambanan, Sleman.

Sebaliknya arus dari Jogja yang akan masuk ke Tol Trans Jawa juga akan lebih cepat. Tak seperti biasanya harus melalui GT Colomadu, setidaknya harus melewati Simpang Tiga Kartasura yang dikenal sebagai pusat kemacetan. Sehingga para pemudik untuk dari dan tujuan Jogja tidak perlu melewati Tugu Kartasura, melainkan sudah terpotong di GT Ngawen.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

Tol Jogja-Solo sela ini nantinya akan terus terhubung ke barat pada ruas Klaten-Prambanan dan Prambanan-Purwomartani yang saat ini konstruksinya sedang proses pembangunan. Ruas Klaten-Prambanan dengan GT Prambanan yang berlokasi di Manisrenggo akan sebagai pintu terdekat di Jogja yang diprediksi akhir 2024 atau 2025 mendatang juga bisa dioperasikan.

Begitu juga dengan ruas Prambanan-Purwomartani atau Simpang Susun Purwomartani terhubung ke GT Bokoharjo juga saat ini sedang proses konstruksi. Jika seluruh tol Jogja-Solo operasionalnya sudah sampai Jogja, maka wisatawan yang akan berkunjung Jogja mmungkinkan tidak lagi melewati Kota Klaten hingga Kartasura, sehingga durasi perjalanan akan lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! DPR Sahkan RUU Kementerian Negara jadi Undang-undang

News
| Kamis, 19 September 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement