Advertisement

Jadi Pilihan Masyarakat, Ternyata Damri Dulunya Berawal dari Angkutan Gerobak

Media Digital
Rabu, 18 September 2024 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Jadi Pilihan Masyarakat, Ternyata Damri Dulunya Berawal dari Angkutan Gerobak Tangkapan layar saat Kepala Divisi Strategi Korporasi Perum Damri Hari Survijanto hadir dalam webinar bertajuk Transportasi Maju Nusantara Baru yang digelar Harian Jogja, Rabu (18/9/2024). - Youtube Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Perum Damri terus berusaha untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Siapa sangka angkutan Damri yang kini berkembang di seluruh wilayah Indonesia, dahulunya berawal dari gerobak.

Kepala Divisi Strategi Korporasi Perum Damri Hari Survijanto mengatakan berdasarkan sejarah, Damri berdiri sejak sebelum kemerdekaan.

Advertisement

Berawal dari angkutan Gerobak atau Cikar yang ditarik dengan kereta kuda sejak zaman Jepang. Akan tetapi usaha ini kemudian diakusisi oleh pemerintah berbentuk Perusahaan Umum sebagai layanan umum hingga saat ini.

"Namanya tetap Damri atau Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia sampai saat ini, bahkan sudah menjadi brand yang tidak bisa dipisahkan. Kami tetap konsisten dengan angkutan sebagai lini bisnis," katanya dalam webinar Transportasi Maju Nusantara Baru yang digelar Harian Jogja, Rabu (18/9/2024).

Ia menambahkan saat ini Damri memberikan layanan berbagai jenis bus baik besar maupun sedang Selain mikrobus juga ada sleeper bus yang memberikan kenyamanan kepada penumpang. Segmentasi layanan angkutan ini terus diperluas agar masyarakat mendapatkan banyak pilihan ketika akan menggunakan transportasi darat Damri.

"Misalnya untuk sleeper bus, ini double decker untuk bawah kapastas 6 penumpang itu sleeper, kemudian di atas 30 penumpang. Sangat nyaman sekali, saat ini melayani Jakarta-Malang, semoga bisa ekspansi ke Jogja," katanya.

Ia menambahkan saat ini Damri memiliki 3.000 armada yang masih terkosentrasi di Jawa dan sebagian di Sumatra. Meski demikian sudah mengjangkau wilayah terluar terdepan dan tertinggal melalui. Bahkan ada salah satu daerah yang Damri menjadi stu-satunya angkutan transportasi anak sekolah.

Suatu hari ketika bus Damri tersebut terkendala karena troubel, sekolah pun terpaksa diliburkan. Wilayah dengan jumlah penduduk berapa pun tetap akan dilayani ketika Damri menjadi satu-satu angkutan transportasi di suatu wilayah.

"Kami juga melayani konektivitas antarmoda, terutama ke bandara. Selain itu sampai ke luar negeri melalui angkutan lintas negara. Seperti di perbatasa Pontianak ke Kucing [Malaysia], ke Brunei Darussalam dan ke Timor Leste. Saat ini yang ke arah timur yang belum tetapi sedang diupayakan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! Warga Bali Pemelihara Landak Jawa Akhirnya Divonis Bebas

News
| Kamis, 19 September 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement