Advertisement

Pantai Baron Akan Diperbaiki, Pemkab Gunungkidul Siapkan Rp350 Juta

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 20 September 2024 - 13:27 WIB
Arief Junianto
Pantai Baron Akan Diperbaiki, Pemkab Gunungkidul Siapkan Rp350 Juta Ilustrasi kegiatan upacara di Pantai Baron. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul segera menyusun kajian detail engineering design (DED) untuk memperbaikan dan menata beberapa bagian di kawasan Pantai Baron. Pembuatan kajian DED ini diprediksi menyedot Rp350 juta.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul, M. Johan Wijayanto mengatakan Bupati Gunungkidul menginginkan ada kajian menyeluruh mengenai talut yang memanjang dari timur ke barat.

Advertisement

DKP sudah menyampaikan rencana ini ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Pada APBD 2025, DKP akan mendapat Rp350 juta untuk pembuatan kajian tersebut. Kajian tersebut juga melingkupi sisi pariwisata, kebencanaan, perikanan/kelautan, dan sosial budaya.

Khusus talut, perbaikan yang baru saja dilakukan bersifat sementara. Sebab itu, Johan menegaskan apabila ada ombak besar, talut itu juga harus disesuaikan dengan dampak hantaman dan besar-kecil ombak. Arus sungai juga menjadi pertimbangan lain.

Setelah DED tersebut selesai dibuat, DKP akan mengupayakan pembangunan melalui dana alokasi khusus (DAK) dan/atau dana keistimewaan. “Sudah direncanakan untuk dianggarkan. Paling mulai kajian triwulan kedua 2025,” kata Johan ditemui di Pantai Baron, Jumat (20/9/2024).

Johan mengaku akan melibatkan nelayan Baron juga dalam pembuatan kajian tersebut selain dari akademisi. Pasalnya, nelayan lebih mengetahui karakteristik pantai dan tantangan yang dihadapi.

BACA JUGA: Pedagang Ikan di Pantai Baron Dapat Tempat Baru

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan ekonomi biru menjadi salah satu penopang perekonomian Gunungkidul selain pertanian. Ekonomi biru yang memanfaatkan hasil laut dan kelautan memiliki potensi sangat besar, tidak hanyak ikan dan lobster. “Tapi kita belum dapat memanfaatkan pontensi laut secara maksimal,” kata Sunaryanta.

Di tengah keterbatasan sarana prasarana laut, Sunaryanta mengucapkan terima kasih atas usaha nelayan termasuk kelompok lain seperti kelompok pengolah dan pemasar ikan yang turut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian Gunungkidul. “Sejalan dengan keterbatasan, Pemkab belum dapat memenuhi keterbatasan itu. Semoga ke depan usaha nelayan dari sarpras dan lainnya dapat lebih baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ledakan Pager, Investigasi Awal Menunjukkan Ada Bahan Peledak Sengaja Ditanam

News
| Jum'at, 20 September 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement