Advertisement

Pembangunan Konstruksi Tol Jogja-Solo Melayang di Atas Ringroad Trihanggo Sleman Dimulai: Separator Dibongkar dan Diaspal

Catur Dwi Janati
Senin, 23 September 2024 - 21:07 WIB
Sunartono
Pembangunan Konstruksi Tol Jogja-Solo Melayang di Atas Ringroad Trihanggo Sleman Dimulai: Separator Dibongkar dan Diaspal Kondisi terkini ring road pada Senin (23/9/2024) usai separator dibongkar. - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Penggarapan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 ruas Trihanggo-Junction Sleman terus menunjukkan perkembangan. Teranyar pekerja mulai membongkar separator untuk bersiap masuk melakukan pengerjaan di area tengah jalan ring road.

Humas Proyek Tol Jogja Solo Seksi 2 Paket 2.2 PT Adhi Karya, Agung Murhandjanto menjelaskan saat ini separator di area ring road bakal lokasi penggarapan Tol Jogja-Solo di sekitar Trihanggo mulai dibongkar. Adapun pembongkaran separator ini dilakukan pada separator yang menjadi pemisah antara lajur lambat dan lajur cepat di area ring road.   

Advertisement

BACA JUGA : Ganti Rugi Lahan Tol Jogja-YIA di Kulonprogo: Setelah Warga Kalurahan Banguncipto, Giliran Pengasih, Karangsari, dan Kaliagung

Separator ring road yang dibongkar mencakup area timur dan barat perempatan Kronggahan. Pembongkarannya dilakukan menyeluruh baik pada separator lajur lambat di sisi selatan maupun sisi utara. Sementara separator yang menjadi pemisah antar lajur cepat di area tengah ring road masih dipertahankan. 

"Kami melepas separator yang di lajur lambat baik yang sepanjang 600 meter itu kita lepas. Baik yang di utara maupun di selatan jalan," kata Agung dihubungi pada Senin (23/9/2024).

Area bekas separator selanjutnya ditutup dengan Lean Concrete (LC) yang secara awam merupakan material beton. Tak hanya dicor, kontraktor juga akan melakukan penambalan dengan aspal pada area bekas separator agar rata dengan jalan eksisting yang ada.

"Metodenya kita ambil separatornya, kami kumpulkan di tempat yang sudah kita tentukan yang aman. Kemudian bekasnya itu kita LC, Lean Concrete yang kita cor. Nanti kita patching kita aspal, untuk supaya antara elevasi lajur lambat dan lajur cepat tidak jomplang tapi rata," ujarnya. 

Pengecoran plus penambalan dengan aspal ini diambil kontraktor agar nantinya jalan ring road yang dilewati masih tetap aman bagi pengendara. "Lebih rata jadi tidak membahayakan pengendara," katanya. 

Pantauan Harianjogja.com di lapangan area bekas separator yang belum rata secara utuh dipasangi Traffic Cone. Agar tetap aman saat malam, lampu selang dipasang memyambung antar Traffic cone supaya terlihat oleh pengendara. 

Dibongkarnya separator ini menandakan proyek pembangunan Tol Jogja-Solo di area ring road kian dekat penggarapannya. Secara simultan, proyek ditargetkan sudah memasuki area ring road Oktober nanti.

BACA JUGA : Lewat Tol Jogja Solo, Jarak Tempuh Kartasura-Klaten Hanya 15 Menit

"Ya ini langsung simultan, ini beton barrier sudah siap, pagernya juga sudah siap, tinggal nanti kita bongkar yang di tengah kemudian kita pasang beton barrier," terangnya.

"Iya, insyaallah [awal Oktober masuk ring road] bisa kita lakukan di tengah [pembangunan konstruksi tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman]," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sri Mulyani: Pendapatan Negara Terkumpul Rp1.777 Triliun Per Agustus 2024

News
| Senin, 23 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner, Berikut Ini Jajanan dari Semarang yang Wajib Dicoba Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 20 September 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement