Advertisement

BKKBN DIY Gelar Sosialisasi Sistem Registrasi Rumah Data Kependudukan

Media Digital
Rabu, 25 September 2024 - 11:57 WIB
Sunartono
BKKBN DIY Gelar Sosialisasi Sistem Registrasi Rumah Data Kependudukan BKKBN DIY Gelar Sosialisasi Sistem Registrasi Rumah Data Kependudukan. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Perwakilan BKKBN DIY mengadakan sosialisasi dengan tema "Sistem Registrasi Rumah Data Kependudukan Tahun 2024" Pada Selasa 24 September 2024 di Cavinton Hotel Yogyakarta, Jl. Letjen Suprapto No.1, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Kegiatan itu digelar dalam rangka meningkatkan capaian program perencanaan pengendalian penduduk terutama dalam target pembentukan dan pengelolaan Rumah Dataku tingkat provinsi.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 140 orang peserta yang terdiri dari OPD KB Kabupaten/Kota, Koordinator PKB dan Kader Rumah Dataku. Tujuan diadakannya sosialisasi tersebut, untuk meningkatkan capaian target pembentukan dan pengelolaan Rumah Dataku tahun 2024.

Advertisement

Sosialisasi dibuka oleh M. Iqbal Apriansyah selaku ketua Perwakilan BKKBN DIY menjelaskan, Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga, yang selanjutnya disebut Rumah DataKu, sebagai kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi kependudukan di tingkat mikro.

“Rumah Dataku penting untuk didirikan di seluruh desa untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhan data yang akan digunakan dalam perencanaan dan pelaksanakan program pembangunan,” terangnya.

Menurutnya, Pola kegiatan Rumah DataKu yang berbasis pada partisipasi masyarakat dalam pengelolaan data akan meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi kependudukan bagi pembangunan, serta data-data yang dihasilkan merupakan artikulasi kepentingan masyarakat secara lebih luas.

Setelah M. Iqbal Apriansyah membuka acara sosialisasi, peserta kemudian dibekali materi-materi yang menarik seperti, Kebijakan Manajemen Pengelolaan Rumah DataKu berbasis teknologi informasi, Manajemen pengguna pada aplikasi rumah dataku dan SIGA, Manajemen Data dan Pengguna : Pengumpulan, Updating, Pengolahan dan Penyajian Data menggunakan aplikasi Rumah DataKu dan Best Practice Pengelolaan Rumah DataKu Wedomartani.

Sosialisasi ditutup dengan sesi tanya jawab untuk memberikan pemahaman  yang lebih dalam kepada para peserta terkait materi-materi yang telah disampaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Dianiaya hingga Meninggal, Polisi Tetapkan 9 Tersangka, 3 Di antaranya Anak-Anak

News
| Rabu, 25 September 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement