Advertisement

Ciptakan Keluarga Sehat, Cokrodiningratan Gelar Kelon Canting#5

Alfi Annisa Karin
Kamis, 26 September 2024 - 19:27 WIB
Maya Herawati
Ciptakan Keluarga Sehat, Cokrodiningratan Gelar Kelon Canting#5 Program Kelon Canting5 yang digelar di Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, beberapa waktu lalu. - Istimewa - Dokumen Kelurahan Cokrodiningratan

Advertisement

JOGJA—Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, Jogja menggelar program Kelas Online dan Offline untuk Cegah Stunting (Kelon Canting), belum lama ini.

Agenda ini merupakan gelaran kelima. Beberapa pihak turut digandeng menjadi peserta, mulai dari Karang Taruna hingga Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di Kelurahan Cokrodiningratan.

Advertisement

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, menuturkan salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah pembangunan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Salah satu program yang mendukung tercapainya hal tersebut adalah Keluarga Berencana (KB). Menurutnya, Program KB tak hanya berkaitan dengan pembatasan jumlah anak.

KB juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dengan perencanaan yang matang.

Dalam hal ini, jajarannya menghadirkan akademisi dari Stikes Surya Global untuk memberi materi terkait dengan keluarga berencana.

“Dalam program KB, kami diajak untuk berpikir panjang tentang masa depan keluarga, pendidikan anak, dan kesejahteraan ekonomi,” ujar Andityo, Kamis (26/9/2024).

Selain membahas tentang KB, pada kesempatan ini Andityo juga mengajak peserta untuk mempelajari terkait dengan HIV/AIDS.

BACA JUGA: Perhatian! Orang Tua Kandung yang Ambil Paksa Anak Bisa Dipidana

Sebab, jumlah penderita penyakit ini di Kota Jogja masih terbilang banyak. Terlebih, HIV/AIDS merupakan penyakit yang sulit disembuhkan.

Ini bisa menjadi langkah antisipasi agar anak muda tak terpapar virus HIV/AIDS. Di sisi lain, kesehatan reproduksi remaja juga menjadi materi yang disampaikan kepada peserta. Materi ini disampaikan oleh bidan profesional RSU Sakina Idaman.

Andityo menuturkan, remaja menjadi masa yang penuh dengan dinamika. Remaja akan mengalami perubahan fisik, emosional, dan psikologis terjadi secara signifikan.

Untuk itu, penting bagi remaja untuk mengetahui cara menjaga kesehatan reproduksi mereka. “Melalui pendidikan reproduksi yang tepat, remaja bisa mencegah berbagai masalah yang sering dialami, seperti pernikahan dini, kehamilan yang tidak direncanakan, serta risiko penyakit menular seksual,” katanya.

Kelon Canting merupakan program yang diinisiasi oleh Kelurahan Cokrodiningratan dalam upaya menekan stunting. Sejauh ini berbagai materi tentang pencegahan stunting, keluarga berencana, hingga kesehatan reproduksi dari berbagai narasumber telah disampaikan kepada warga Cokrodiningratan. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Lancarkan Serangan Udara di Perbatasan Suriah-Lebanon, 5 Tentara Meninggal Jadi Korban

News
| Jum'at, 27 September 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement