Advertisement

KPU Pastikan Gelar 3 Kali Debat Paslon Pilkada Sleman

David Kurniawan
Jum'at, 27 September 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
KPU Pastikan Gelar 3 Kali Debat Paslon Pilkada Sleman Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagai rangkaian tahapan Pilkada 2024, KPU Sleman bakal menyelenggarakan tiga kali debat antar-paslon. Rencananya debat dilaksanakan pada November mendatang.

Anggota KPU Sleman Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Huda Al Amna mengatakan sesuai dengan penyelenggaraan pilkada di periode sebelumnya, KPU akan memafisilitasi debat antar paslon.

Advertisement

Rencananya debat diselenggarakan tiga kali selama masa kampanye berlangsung. “Debat pertama hanya menampilkan calon bupati dan kedua wakil bupati. Untuk ketiga, pasangan calon akan tampil bersama-sama,” kata Huda, Jumat (27/9/2024).

Menurut dia, untuk saat ini masih dalam persiapan baik waktu, tempat hingga stasiung televisi yang menyiarkan. Meski demikian, Huda mengakui sudah menyiapkan skema tanggal pelaksanaan debat.

Adapun debat rencananya diselenggarakan Minggu. Hari libur ini dipilih karena tidak banyak aktivitas yang dilakukan Masyarakat sehingga diharapkan bisa menonton debat guna mengetahui visi misi maupun program yang dimiliki calon. “Skema awal debat dilaksanakan 3,10 dan 17 November 2024. Tetapi, ini masih wacana karena kepastian juga dikoordinasikan dengan perwakilan dari pasangan calon,” katanya.

Adapun untuk lokasi dan TV yang menyiarkan masih dalam proses penjajakan dan belum menunjuk ke salah satu. “Lokasi juga belum ditentukan, apa di tempat terbuka atau tertutup,” katanya.

BACA JUGA: Hari Kedua Kampanye, 3 Paslon Pilkada Jogja Gencarkan Aksi Interaksi Langsung dan Medsos

Selain debat, KPU Sleman juga akan memafilitasi bahan dan alat peraga kampanye bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati. Selain itu, juga ada fasilitasi iklan di media cetak dan elektronik. “Untuk fasilitasi bahan dan alat peraga kampanye masih proses. Sedangkan fasiltiasi iklan dilaksanakan mulai 10-23 November 2024,” katanya.

Anggota KPU Sleman, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilihan, Noor Aan Muhlishoh mengatakan mulai 25 September lalu sudah memasuki tahapan kampanye. Rencananya kampanye selesai pada 23 November 2024. “Ada waktu kampanye selama 60 hari,” katanya.

Untuk pelaksanaan kampanye terdiri dari tiga, yakni rapat umum, pertemuan terbatas dan tatap muka. Untuk rapat umum, masing-masing pasangan calon hanya mendapatkan jatah satu kali, sedangkan kegiatan pertemuan terbatas dan tatap muka bisa dilakukan setiap hari. “Ketentuan dalam kampanye sudah diatur dalam PKPU No.13/2024,” kata Aan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Lancarkan Serangan Udara di Perbatasan Suriah-Lebanon, 5 Tentara Meninggal Jadi Korban

News
| Jum'at, 27 September 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement