Advertisement

Pemkot Jogja & TNI AU Gelar Pertunjukkan Orkestra Lagu Jawa dan Perjuangan di Balai Kota Jogja

Media Digital
Sabtu, 28 September 2024 - 21:07 WIB
Sunartono
Pemkot Jogja & TNI AU Gelar Pertunjukkan Orkestra Lagu Jawa dan Perjuangan di Balai Kota Jogja Gelaran Yogyakarta Royal Orchestra dan Swa Bhuwana Paksa Orchestra dalam rangka memperingati HUT ke-268 Kota Jogja dan Semarak Dirgantara TNI Angkatan Udara di halaman Balai Kota Jogja, Sabtu malam (28/9/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Pemkot Jogja menggelar Yogyakarta Royal Orchestra dan Swa Bhuwana Paksa Orchestra di halaman Balai Kota Jogja, Sabtu malam (28/9/2024). Event ini merupakan kolaborasi antara Pemkot Jogja dengan TNI Angkatan Udara dan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jogja Kadri Renggono menuturkan kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-268 Kota Jogja sekaligus memeriahkan Semarak Dirgantara TNI Angkatan Udara. Kadri mengatakan pertunjukan Orkestra Semarak Dirgantara menjadi adalah salah satu implementasi dari nota kesepakatan bersama yang ditandatangani Gubernur DIY dan Gubernur TNI AU. Salah satu berkaitan dengan kegiatan kedirgantaraan.

Advertisement

BACA JUGA : 75 Tahun Peringatan Kerja Sama dengan Italia, Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser di TBY

"Pertunjukan orkestra juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat pertunjukan orkestra. Mengingat ada pandangan orkestra hanya bisa dinikmati untuk kalangan tertentu, sehingga kita selenggarakan di halaman Balai Kota Jogja supaya masyarakat secara lebih luas bisa melihat pertunjukan orkestra,” kata Kadri, Sabtu (28/9/2024).

Kadri menambahkan, Yogyakarta Royal Orchestra dan Swa Bhuwana Paksa Orchestra menampilkan lagu-lagu bertema perjuangan dan lagu Jawa. Yogyakarta Royal Orchestra tampil dengan 26 pemain musik yang dipimpin konduktor MJ. Manggalawaditro. Sementara, Swa Bhuwana Paksa tampil dengan 20 pemain musik yang dipimpin konduktor Mayor Sus Rizka Yudhansyah. “Kurang lebih akan menampilkan delapan sampai sepuluh lagu,” katanya.

Dia menyebut, Pemkot Jogja turut mengajak msyarakat untuk menonton secara langsung pertunjukkan orkestra ini. Total ada 1.000 tiket yang sebelumnya telah dibagikan melalui kelurahan. Kadri mengatakan pembatasan tiket dilakukan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat saat menyaksikan penampilan orkestra.

“Ini agar tertib dan semua bisa menikmati pertunjukan orkestra dengan nyaman. Di sisi lain masyarakat bisa berkesempatan melihat di sekitar panggung di luar halaman Balai Kota Jogja," ujarnya.

BACA JUGA : Hadir di FOKL 2024, Yogyakarta Royal Orchestra Bakal Bawakan 11 Repertoar

Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecintaan masyarakat kepada dirgantara, manunggal TNI dengan rakyat. Melalui gelaran Semarak Dirgantara ini akan terus terlahir generasi penerus yang memiliki kesadaran bela negara, menjaga, dan melestarikan budaya daerah. Sekaligus memiliki kualitas yang tinggi dan karakter yang kuat. Sehingga diharapkan terbentuk ketahanan sosial sebagai alat pemersatu bangsa.

"Malam ini, kami bersama meresapi alunan musik persembahan kedua orchestra, dengan harapan semoga kita bisa memaknai setiap alunan nada dan semangat patriotisme, perjuangan dan keaguangan budaya Jawa yang terkandung di dalamnya. Di sini masyarakat Yogyakarta diajak untuk merefleksikannya melalui lagu-lagu yang menyentuh jiwa dengan keindahan simfoni," ungkap Sugeng.

BACA JUGA : Meriahkan HPKN, YRO Siapkan 10 Repertoar di Puncak Peringatan

Asisten Potensi Dirgantara Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Muda Andi Wijaya menuturkan gelaran orkestra ini merupakan wujud nyata dalam upaya meningkatkan kolaborasi TNI AU dengan Pemkot Jogja dan Pemda DIY. Andi mengatakan ini menjadi ajang pembuktian bahwa prajurit tak hanya trampil dalam menghadapi perang, tapi juga trampil dalam bermaon alat musik. Dia menambahkan konser dikemas dengan elegan dan harmonis. Diharapkan, konser orkestra ini bisa menjadi tontonan yang berkualitas sbagi warga Kota Jogja.

"Karya yang berkualitas ini dapat dinikmati di seluruh Indonesia karena ditampilkan secara live streaming. Kami berharap, TNI AU bisa lebih dekat dan dicintai khsusnya oleh Warga Jogja," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement