Advertisement

Hadir di FOKL 2024, Yogyakarta Royal Orchestra Bakal Bawakan 11 Repertoar

Yosef Leon
Senin, 10 Juni 2024 - 19:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hadir di FOKL 2024, Yogyakarta Royal Orchestra Bakal Bawakan 11 Repertoar Para musisi orkestra dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang tergabung dalam "Yogyakarta Royal Orchestra" (YRO) melakukan gladi bersih konser musik di Taman Budaya Yogyakarta, Rabu (28/2 - 2024)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Yogyakarta Royal Orchestra (YRO), orkestra musik Kraton Yogyakarta akan menghadiri Festival Orkestra Kuala Lumpur (FOKL) 2024 pada 6–9 Juni 2024 di Auditorium Bandaraya Kuala Lumpur, Dewan Bandaraya Kuala Lumpur. Lawatan ini dilakukan dalam rangka memenuhi undangan Datuk Bandar Kuala Lumpur YBhg. Datuk Seri PMgr Sr Haji Kamarulzaman Bin Mat Salleh.

YRO menjadi orkestra pertama dari Indonesia yang ikut serta dalam FOKL yang juga baru pertama kali diadakan Dewan Bandaraya Kuala Lumpur itu. "Partisipasi YRO dalam FOKL 2024 yang digelar 6-9 Juni 2024 ini merupakan kesempatan pertama kami untuk membawa kolaborasi gamelan dan orkestra ke panggung internasional,” kata Penghageng Kawedanan Kridhamardawa KPH Notonegoro, Senin (10/6/2024).

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, YRO akan membawakan sebelas repertoar yang mengusung idiom dan medium budaya Jawa dengan orkestra yang selama ini menjadi identitas musical YRO. Beberapa di antaranya adalah lagu Jenang Gulo, Lelo Ledung, Kupu Kuwi, Padhang Bulan, Lir Ilir, Suwe Ora Jamu, Fantasi Turi Turi Putih, serta Medley Suara Suling dan Menthok-Menthok.

Baca Juga

Yogyakarta Royal Orchestra Siap Konser di Jakarta

Kraton Gelar Konser Yogyakarta Royal Orchestra di Akhir Tahun

Meriahkan HPKN, YRO Siapkan 10 Repertoar di Puncak Peringatan

Kemudian tidak lupa lagu yang bertemakan keberagaman budaya nusantara seperti Concerto Nusantara, Lancang Kuning, dan Indonesia Pusaka. Empat solois akan serta menyemarakkan penampilan YRO pada FOKL 2024 ini diantaranya Bintang Arya Kusuma (flute), Bonfilio Shyallom Rezandi Bangun (violin), R. Dwityatama Darmasakti (cello), dan Athaya Hanan (violin).

“Direncanakan masing-masing solois ini akan membawakan dua karya untuk ditampilkan. Pemilihan repertoar yang tepat serta pengolahan aransemen yang begitu estetis dari ML Widyoyitnowaditro membuat penampilan YRO di FOKL 2024 ini akan memberi pengalaman yang istimewa bagi para penonton yang hadir,” kata ML Widyotantomardowo, produksi YRO untuk FOKL 2024.

Tak hanya dimanjakan dengan rajutan irama gamelan yang berpadu indah dengan orkestra, audiens juga dapat menikmati keunikan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dan keindahan alam nusantara yang divisualisasikan melalui layar video. Visualisasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang utuh dari seluruh repertoar yang dimainkan.

Penampilan YRO dalam FOKL 2024 selanjutnya dapat disaksikan pada Jumat, 7 Juni 2024 pukul 20.30 Waktu Malaysia (pukul 19.30 WIB) dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Bagi masyarakat yang berniat menyaksikan secara langsung, diharapkan melakukan reservasi melalui pranala: https://bit.ly/YROGoestoKL. Namun demikian, Kraton Yogyakarta tetap memfasilitasi siaran live melalui sosial media Instagram @kratonjogja.event pada waktu yang sama.

Selain YRO, FOKL 2024 ini diikuti oleh orkestra dari empat negara di Asia Tenggara seperti Orkestra Kuala Lumpur dan Malaysian Philharmonic Youth Orchestra, Bangkok Metropolitan Orchestra, serta Orchestra of the Filipino Youth. Akomodasi dan keikutsertaan serta semua keperluan seluruh perwakilan orkestra selama berada di Malaysia, ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah Kuala Lumpur melalui panitia yaitu Dewan Bandaraya Kuala Lumpur, Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyidik Kasus Harun Masiku yang Terima Perintah di Luar KPK Bakal Dipecat

News
| Sabtu, 22 Juni 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement