Advertisement

Proyek Jembatan Pandansimo Sudah Masuki Wilayah Kulonprogo, Warga Minta Difasilitasi Kios

Triyo Handoko
Minggu, 29 September 2024 - 13:27 WIB
Sunartono
Proyek Jembatan Pandansimo Sudah Masuki Wilayah Kulonprogo, Warga Minta Difasilitasi Kios Jembatan Pandansimo yang sudah tersambung pada ujung baratnya yang masuk wilayah Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur pada Minggu (29/9 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembangunan Jembatan Pandansimo yang menghubungkan Bantul dan Kulonprogo dengan menyeberangi Kali Progo sudah sampai di ujung baratnya yaitu Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur. Jembatan yang jadi penghubung jalur jalan lintas selatan (JJLS) ini diprediksi akan meningkatkan perekonomian wilayah di Padukuhan Sidorejo, Banaran.

Pertumbuhan ekonomi di Kalurahan Banaran itu disebabkan ramainya wilayah itu oleh pengguna Jembatan Pandansimo dari berbagai daerah. Sehingga warga disana minta difasilitasi penyewaan kios yang berada di rest area di barat jembatan tersebut.

BACA JUGA : Jembatan Pandansimo dan JJLS Segera Tersambung, Pemkab Bantul Kebut Kajian Jalan Masuk ke Pansela

Advertisement

"Kami tahu akan ada rest area di wilayah kami karena kehadiran Jembatan Pandansimo dan JJLS yang nanti dibangun saat sosialisasi, sudah kami sampaikan juga supaya kami difasilitasi kios di rest area tersebut," kata salah satu warga Padukuhan Sidorejo, Nur Rifky pada Minggu (29/9/2024).

Kondisi pembangunan Jembatan Pandansimo sendiri sudah menyentuh dataran di barat Kali Progo yang masuk wilayah Kalurahan Banaran. Jembatan tersebut terdiri dari dua lajur jalan yang dipisahkan pembatas jalan dari beton di tengahnya.

Jalan di ujung barat Jembatan Pandansimo juga sudah mulai dikerjakan pelebarannya. Pembangunan tersebut didukung oleh warga Banaran karena nantinya akses mereka jadi lebih luas, baik menuju ke Bantul atau ke barat Kulonprogo.

Rifky menjelaskan terbukanya akses jalan di wilayahnya memudahkan aktivitas ekonomi warga yang sebagian besar nelayan itu. "Kami yang nelayan ini nanti jadi punya banyak pilihan untuk menjual ikan hasil tangkapan kami, sehingga dapat meningkatkan ekonomi," ujarnya.

Sementara fasilitasi kios yang diharapkan warga Padukuhan Sidorejo, jelas Rifky, supaya mewadahi UMKM di wilayahnya. "Misalnya nanti ada yang bikin warung makan bisa di kios di rest area tersebut yang strategis, atau usaha UMKM lainnya seperti olahan-olahan ikan bisa dipasarkan di sana," katanya.

Sementara Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Kulonprogo Aris Widyatmoko yang rutin menggelar patroli keselamatan di wilayah Jembatan Pandansimo itu menyebut adanya proyek tersebut akan membuat area tersebut lebih ramai. Keramaian itu datang dari wisatawan, warga Kulonprogo yang tertarik melihatnya, hingga pengguna JJLS dari berbagai daerah.

BACA JUGA : Tak Hanya Srandakan, Sanden Juga Siapkan Sejumlah Strategi Tangkap Peluang Ekonomi dan Wisata saat Jembatan Pandansimo Terhubung

Keramaian di Jembatan Pandansimo, jelas Aris, mesti diimbangi dengan mitigasi bencana. "Kami berharap papan informasi atau rambu-rambu keselamatan diperbanyak di kawasan tersebut," ungkapnya.

Aris menyebut dengan hadirnya Jembatan Pandansimo juga akan memudahkan proses evakuasi bencana atau kecelakaan air lainnya. "Kinerja kami di bidan penyelamatan dan kebencanaan jadi lebih mudah, sehingga kami sangat mendukungnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Sewa Aset Daerah Kini Bisa Menggunakan QRIS

Sewa Aset Daerah Kini Bisa Menggunakan QRIS

Jogjapolitan | 18 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Novotel Suites Malioboro Sukses Gela Amazing Race untuk Karyawan

News
| Minggu, 29 September 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement