Advertisement

Jumlah Pendaftar Calon Anggota KPPS Pilkada Sleman Membludak, KPU Minta Masukan Masyarakat

David Kurniawan
Senin, 30 September 2024 - 23:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Jumlah Pendaftar Calon Anggota KPPS Pilkada Sleman Membludak, KPU Minta Masukan Masyarakat Foto Ilustrasi. Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melengkapi data dari formulir C-Hasil untuk aplikasi Sirekap Pemilu 2024 seusai penghitungan surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di TPS 23 Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). - Antara - Dedhez Anggara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANKPU Sleman memastikan rekrutmen petugas KPPS di Pilkada 2024 berjalan dengan lancar dan tidak ada masa perpanjangan pendaftaran. Adapun tahapan saat ini meminta tanggapan Masyarakat berkaitan dengan calon anggota yang bertugas pada pemilihan di 27 November 2024 mendatang.

Anggota KPU Sleman Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Huda Al Amna mengatakan, rekrutmen petugas KPPS sudah dibuka 17-28 September 2024. Total kebutuhan petugas sebanyak 12.117 orang atau di setiap TPS ada tujuh petugas.

Advertisement

“Di pilkada kali ini ada 1.731 TPS dan pendaftaran sudah selesai,” kata Huda, Senin (30/9/2024).

BACA JUGA: KPU Sediakan Hotel Bintang 5 bagi Caleg DPR dan DPD yang Dilantik Besok

Dia menjelaskan, dalam proses pendaftaran dipastikan tidak ada masa perpanjangan. Pasalnya, jumlah pendaftar sudah melebihi kuota yang dibutuhkan. “Yang mendaftar ada 12.255 orang. Jumlah ini melebihi dari kebutuhan sehingga ada pendaftar yang tidak diterima menjadi petugas KPPS pilkada,” ungkapnya.

Menurut Huda, setelah proses pendaftaran dan seleksi, tahapan dilanjutkan untuk meminta saran dan masukan bagi calon petugas KPPS. Masukan dari Masyarakat ini dibuka mulai 30 September hingga 5 Oktober 2024.

“Sampai saat ini berjalan dengan lancar dan hingga pelantikan nanti tidak ada kendala suatu apapun,” katanya.

Rencananya pelantikan anggota KPPS pilkada dilaksankaan 7 November 2024. Adapun masa berlangsung mulai dari sejak dilantik hingga 8 Desember 2024. “Untuk honornya, Ketua KPPS mendapatkan Rp900.000, sedangkan untuk anggota sebesar Rp850.000,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Sleman melakukan perpanjangan pendaftaran pengawas TPS di 85 kalurahan di Bumi Sembada. Keputusan ini dilakukan karena jumlah pendaftar belum memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Total petugas yang dibutuhkan sebanyak 1.731 orang atau jumlahnya disesuaikan dengan jumlah TPS di Pilkada 2024. Hingga pendaftaran ditutup tercatat ada pendaftar sebanyak ada pendaftar sebanyak 2.374 orang.

Menurut dia, jumlah ini belum sesuai dengan persyaratan karena ada ketentuan bahwa pelamar paling sedikit dua kali dari yang dibutuhkan. Berdasarkan kajian yang dilakukan, lanjut Aswi, hanya Kalurahan Margorejo di Kapanewon Tempel yang telah memenuhi persyaratan. Namun, untuk 85 kalurahan di Kabupaten Sleman terpaksa dilaksanakan perpanjangan karena jumlah pendaftar belum sesuai dengan persyaratan.

“Besok [Selasa 1/10/2024] mulai perpanjangan pendaftaran hingga 10 Oktober mendatang,” katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelidikan Kasus Wakil Ketua KPK Alex Marwata oleh Polisi, Ini Tanggapan Lembaga Antirasuah

News
| Senin, 30 September 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement