Advertisement

Dana Maksimal Kampanye Pilkada Kulonprogo Diturunkan dari Rp67 M jadi Rp23 M, Ini Alasannya

Triyo Handoko
Selasa, 01 Oktober 2024 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Dana Maksimal Kampanye Pilkada Kulonprogo Diturunkan dari Rp67 M jadi Rp23 M, Ini Alasannya Pilkada 2024 - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Batas maksimal dana kampanye Pilkada Kulonprogo yang sebelumnya Rp67 miliar kini diturunkan jadi Rp23 miliar. Penurunan ini dilakukan KPU Kulonprogo secara resmi pada Selasa (1/10/2024).

KPU Kulonprogo menurunkan batas maksimal dana kampanye Pilkada itu setelah mendapat masukan dari KPU DIY.

Advertisement

Pertimbangan yang digunakan untuk menurunkan dana kampanye ini adalah keadilan bagi seluruh pasang calon bupati dan wakil bupati.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kulonprogo, Hidayatut Thoyyibah menjelaskan batas maksimal Rp64 miliar itu ternyata dinilai terlalu tinggi. Padahal batasan maksimal ini dimaksudkan untuk membatasi anggaran yang terlalu besar supaya tak jor-joran dalam kampanye.

Hidayatut menerangkan batasan maksimal dana kampanye jadi Rp23 miliar ini sudah disosialisasikannya tim pemenangan masing-masing calon. "Mereka menerima dengan baik penurunan batas maksimal ini," ujarnya.

Penurunan ini dilakukan juga untuk mengantisipasi kesenjangan dana kampanye antarcalon. "Supaya azas keadilan juga terpenuhi dalam kampanye ini," katanya.

Sementara ini KPU Kulonprogo juga baru menerima laporan awal dana kampanye pada Selasa (24/9/2024) lalu, perkembangan terbaru dana kampanye tiap calon belum dilaporkan kembali. Dari laporan awal tersebut diketahui pasangan Novida Kartika Hadhi-Rini Indriani mengantongi yang terbanyak senilai Rp130,4 juta.

Pasangan calon Pilkada Kulonprogo lain dana awal kampanyenya, untuk Marija-Yusron Martofa baru 6,6 juta. Sedangkan Agung Setyawan-Ambar Purwoko sebesar Rp6 juta.

Hidayatut menyebut pembukan dana kampanye ini harus dilakukan dengan rapi dan transparan. Supaya saat pertanggung jawaban nanti mudah mengawasinya. "Transparansi dan akuntabilitas ini kami dorong terus terutama dalam dana kampanye ini," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Restorasi Alam dan Edukasi Lingkungan, KLHK Bangun Ekoriparian di 2 Kampus Ini

News
| Selasa, 01 Oktober 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement