Advertisement

2.485 Pemilih Pemula di Kota Jogja Belum Rekam KTP Elektronik, Dinas Upayakan Jemput Bola

Alfi Annisa Karin
Rabu, 02 Oktober 2024 - 13:17 WIB
Sunartono
2.485 Pemilih Pemula di Kota Jogja Belum Rekam KTP Elektronik, Dinas Upayakan Jemput Bola Ilustrasi perekaman e-KTP - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jogja berupaya menyukseskan gelaran Pilkada 2024. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memastikan pemilih pemula mendapatkan identitas berupa KTP Elektronik, utamanya bagi pemilih pemula yang berusia tepat 17 tahun pada 27 November 2024.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jogja Septi Sri Rejeki menyebut pihaknya tengah melakukan pendataan. Di samping itu, pelayanan jemput bola juga dilakukan demi memudahkan masyarakat mendapatkan KTP Elektronik. Jemput bola dilakukan di kampung hingga sekolah.

Advertisement

BACA JUGA : 2.785 Pemilih Pemula di Kota Jogja Belum Rekam E-KTP

“Kita sudah melakukan jemput bola ke seluruh sekolah dan kampung-kampung. Jemput bola paling utama kerja sama dengan Balai Pendidikan Menengah Kota Jogja,” ujar Septi dikutip Rabu (2/10/2024).

Septi mengatakan capaian perekaman KTP Elektronik di Kota Jogja telah mencapai 99,23 persen. Tercatat ada 321.826 orang yang wajib melakukan perekaman KTP Elektronik. Sebanyak 319.341sudah melakukan perekaman. Sementara sisanya, sebanyak 0,77 persen atau 2.485 orang belum melakukan perekaman KTP Elektronik.

Septi mengatakan, 0,77 persen warga Kota Jogja yang tersisa itu adalah pemilih pemula. Jumlah itulah yang kini tengah dia kejar untuk disasar perekaman KTP Elektronik. Septi mengaku sempat menemui beberapa kendala ketika melakukan jemput bola ke sekolah. Misalnya, siswa yang tak persiapan hingga berbagai alasan lainnya.

“Ada anak yang ber-KTP Kota Jogja, tapi sekolah di luar Kota Jogja. Kami sudah melakukan jemput bola, kerja sama dengan Disdukcapil se-DIY. Tapi ada yang enggan, ada yang tidak masuk. Ada juga pemula yang KTP-nya Kota Jogja, tapi tempat tinggalnya di luar daerah. Ini kemarin ada inisiatif RT untuk memanggil pas liburan, tapi ada yang datang, ada yang tidak. Kendala secara faktual seperti itu,” katanya.

Pihaknya akan membuka pelayanan pada saat pemungutan suara 27 November mendatang. Pelayanan akan dibuka di Kantor Dinas Dukcapil Kota Jogja. Lewat layanan ini, masyarakat bisa melakukan pencetakan KTP Elektronik, utamanya bagi yang baru berusia 17 tahun tepat pada tanggal 27 November. Dia berharap, dengan berbagai upaya dan layanan yang diberikan Dinas Dukcapil Kota Jogja ini bisa memudahkan masyarakat mendapatkan KTP Elektronik sehingga bisa ikut serta menggunakan hak suaranya pada saat pemungutan suara.

BACA JUGA : Pilkada 2024, KPU Jogja Intensifkan Jemput Bola untuk Perekaman e-KTP

“Harapan kami dalam rangka Pilkada serentak khususnya untuk warga Kota Jogja yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik usia 16 tahun ke atas, itu untuk segera melakukan perekaman. Ada beberapa fasilitas jemput bola, pelayanan di Mal Pelayanan Publik, Kantor Dinas Dukcapil, drive thru, jemput bola di kapung-kampung dan sekolah untuk membuka semua fasilitas melakukan perekaman,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tiga Ruas Jalan di Kota Jogja Diperbaiki

Tiga Ruas Jalan di Kota Jogja Diperbaiki

Jogjapolitan | 27 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Minta Kadin Genjot Pertumbuhan Ekonomi

News
| Rabu, 02 Oktober 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement