Advertisement

Tokoh Agama Perlu Jaga Kesatuan dalam Momen Pilkada Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 02 Oktober 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Tokoh Agama Perlu Jaga Kesatuan dalam Momen Pilkada Gunungkidul Foto ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pelaksana Tugas Bupati Gunungkidul Heri Susanto meminta agar pemimpin organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana sejuk selama Pilkada 2024 melalui ceramah-ceramah keagamaan.

Dia menegaskan pemimpin ormas dan tokoh agama tidak terlibat dalam tindakan yang dapat memecah belah kesatuan persatuan dan tidak mengambil tindakan yang dapat memicu konflik sosial.

Advertisement

Selain itu, dia berpesan agar peserta Pilkada dapat menerima apapun hasil yang ada didapat dalam Pilkada 2024. Pesan ini disampaikan langsung kepada perwakilan ormas se-Gunungkidul di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Rabu (2/10/2024).

Ketua KPU Gunungkidul Asih Nuryanti mengatakan KPU dan Kementerian Agama telah menjalin kerja sama dalam menjaga kerukunan umat beragama serta meningkatkan partisipasi pemilih melalui berbagai ruang keagamaan.

BACA JUGA: Pengadaan Tanah Tol Jogja-Solo-YIA 4 Kalurahan di Sleman Ini Terus Dikebut

Kerja sama tersebut mewujud dalam forum-forum keagamaan yang digelar. Beberapa hal yang KPU tekankan dalam upaya tersebut, yaitu menciptakan situasi rukun dan tenteram selama masa kampanye, memilih pemimpin yang baik, dan selalu menjaga kerukunan meskipun terdapat perbedaan pilihan.

Dari sisi informasi, Asih meminta agar masyarakat tidak menyebarkan informasi yang berpontesi mengandung hoaks di media sosial. “Ada tiga poin yang dideklarasikan, intinya siap mewujudkan Pilkada Gunungkidul yang berintegritas dengan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur agama,” ungkapnya, kemarin.

Selain itu, pimpinan ormas siap mewujudkan masyarakat pemilih yang cerdah dan menjunjung tinggi kerukunan dan siap meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada yang damai dan bermartabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komitmen Zero Burning Practices Bawa KLHK Raih Penghargaan Peringkat I Green Eurasia 2024

News
| Rabu, 02 Oktober 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Ketinggian Puncak Gunung Everest Bertambah, Ini Penjelasannya

Wisata
| Selasa, 01 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement