Advertisement

HUT ke-194, Kabupaten Gunungkidul Tunjukkan Kemajuan di Berbagai Sektor

Media Digital
Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:37 WIB
Maya Herawati
HUT ke-194, Kabupaten Gunungkidul Tunjukkan Kemajuan di Berbagai Sektor Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meresmikan proyek jembatan di Kabupaten Gunungkidul

Advertisement

GUNUNGKIDUL—Kabupaten Gunungkidul semakin menunjukkan kemajuan yang signifikan di berbagai sektor pembangunan di usianya yang ke-194 tahun. Dari peningkatan investasi, pengembangan infrastruktur, hingga kemajuan di sektor pariwisata, daerah ini terus bertransformasi menjadi salah satu destinasi unggulan di Provinsi DIY.

Melalui komitmen pemerintah daerah dan dukungan masyarakat, Gunungkidul berhasil menghadirkan inovasi-inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kualitas hidup masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mendukung pengembangan daerah, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melaksanakan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di berbagai sektor. Pembangunan ini mencakup penyediaan, pemeliharaan, hingga rehabilitasi berbagai sarana dan prasarana penting.

Advertisement

Sejumlah proyek yang sedang dan akan dilaksanakan seperti pembangunan, pemeliharaan, dan penyediaan prasarana serta sarana irigasi. Kemudian, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), sanitasi, dan pengelolaan air limbah serta rehabilitasi gedung pelayanan dan gedung sekolah guna menjamin akses air bersih bagi seluruh masyarakat.

Proyek lainnya yakni pembangunan, pemeliharaan, rekonstruksi, dan rehabilitasi jalan dan jembatan di Kabupaten Gunungkidul. Selain itu juga ada program stimulan bedah rumah sebanyak 163 unit, serta pembangunan rumah dan shelter bagi korban bencana.

Proyek-proyek ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gunungkidul. Melalui program-program pembangunan ini, diharapkan daerah ini dapat terus berkembang dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warganya.

Tak hanya di sektor infrastruktur, pariwisata Kabupaten Gunungkidul juga semakin berkembang dan  mengalami peningkatan dalam berbagai aspek, dari tingkat kunjungan wisatawan maupun capaian-capaian yang lain di antaranya event tahunan Gunungkidul Geopark Night Specta (GNS )  tahun 2024.

Agenda itu masuk dalam Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setelah melalui proses kurasi. Geopark Night Specta Vol 6 merupakan event yang dirancang untuk menghargai kebumian serta memperkenalkan potensi hasil kebumian yang ada di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark Geoarea Gunungkidul.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Oneng Windu Wardana, mengungkapkan tujuan Geopark Night Specta adalah memperkenalkan potensi yang dimiliki Gunungsewu Unesco Global Geopark. Selain itu juga untuk melestarikan geodiversity dan biodiversity yang dimiliki Gunungsewu Unesco Global Geopark. “Tujuan lainnya yakni memberikan wadah bagi masyarakat untuk mempromosikan geoproduk Gunungsewu Unesco Global Geopark serta memberikan awareness kepada wisatawan tentang Geopark,” katanya.

BACA JUGA: Demi Keselamatan Perjalanan Kereta Api, Kawasan Bong Suwung Jogja Dibongkar

Selain hal diatas, capaian sektor pariwisata di Kabupaten Gunungkidul mendapatkan juara 2 Nasional Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) tahun 2023. ABBWI merupakan program yang bertujuan untuk mendorong minat masyarakat dalam berwisata di dalam negeri. Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Di sektor investasi, Kabupaten Gunungkidul terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Agung Danarta, menyatakan total realisasi investasi dari tahun 2021 hingga 2024 mencapai Rp1,674 triliun, yang terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp4,220 miliar dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp1,67 triliun. "Investasi di berbagai sektor, termasuk perdagangan, kesehatan, konstruksi, dan pariwisata, terus bertumbuh. Kami optimistis bahwa target investasi sebesar Rp825 miliar pada tahun 2024 akan tercapai," jelasnya.

Untuk memudahkan investor dalam pelayanan perizinan berusaha, Mal Pelayanan Publik Kabupaten Gunungkidul juga senantiasa meningkatkan kinerja. Pada tahun 2024 sebanyak 18 booth telah aktif melayani, dengan jenis layanan sebanyak 84 jenis. Pengunjung MPP Gunungkidul pada tahun ini, sampai bulan September sebanyak 11.875 dengan total perizinan terbit sebanyak 10.668. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Beberapa Kali Minta Maaf Jelang Akhir Jabatan, Istana: Presiden Menunjukkan Sikap Kerendahan Hati

News
| Kamis, 03 Oktober 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement