Advertisement

HUT Ke-268 Kota Jogja: Rikat, Rakit, Raket, Jogjakarta Kota Kita

Media Digital
Senin, 07 Oktober 2024 - 05:57 WIB
Arief Junianto
HUT Ke-268 Kota Jogja: Rikat, Rakit, Raket, Jogjakarta Kota Kita Tugu Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Tepat pada 7 Oktober 2024 hari ini, Kota Jogja sampai pada usia ke-268. Pemkot Jogja mengusung tema Rikat, Rakit, Raket. Mengelola dan merawat Jogja menjadi tangung jawab bersama.

Tema ulang tahun kali ini memiliki filosofi kehidupan masyarakat Kota Jogja yang selalu bergerak dan bekerja cepat, berproses dan saling melengkapi, hingga kebersamaan yang saling mendukung.

Advertisement

Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto mengatakan momentum HUT Kota Jogja ini dimaknai sebagai upaya mengingat dan mengulang kembali sejarah. Ulang tahun tak hanya perayaan bertambahnya usia, tetapi momentum memperkuat rasa cinta terhadap warisan budaya yang tertinggal di Kota Jogja dan sudah ada sejak lama.

Usia 268 tahun bisa menguatkan eksklusivitas Kota Jogja sebagai Kota Pendidikan, Kota Budaya, Kota Wisata, dan Kota Sejarah.

Di usia yang tak lagi muda ini, Kota Jogja butuh keterlibatan masyarakat untuk sama-sama menjaga kota. Jogja yang bergerak semakin maju bertumpu pada dua sektor utama, yakni pendidikan dan pariwisata. Keduanya menjadi pengungkit kehidupan masyarakat, dengan budaya dan sejarah yang kuat serta menyejahterakan masyarakat.

“Ulang tahun, apa pun bentuknya, adalah mengulang kembali satu bentuk sejarah. Untuk hari ulang tahun ini pun pestanya seperti itu harus dikondisikan. Marwah utamanya mengedepankan pelestarian budaya sejarah, penguatan Jogja sebagai kota pendidikan, pariwisata, dan perjuangan. Ini yang harus selalu diangkat. Ini merupakan pijakan untuk mengingat bahwa Jogja telah ada sekian ratus tahun yang lalu dan sampai saat ini pun Jogja harus tetap ada di kondisi yang tetap maju, berkembang, dan sejahtera.”

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan, “HUT ke-268 Kota Jogja dimaknai sebagai pengingat kepada warga Kota Jogja bahwa mereka merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Kota Jogja. Baik masyarakat maupun Pemkot Jogja tentunya memiliki tujuan dan tanggung jawab bersama dalam melakukan sekaligus menikmati hasil pembangunan yang dilakukan di Kota Jogja. Kita berulang tahun untuk mengingatkan bahwa kita semua sebagai bagian dari pembentuk Kota Jogja yang punya tanggung jawab sama dan punya tujuan yang sama untuk bisa menikmati semua hasil pembangunan.” (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Targetkan Serangan Udara di Lebanon Selatan

News
| Senin, 07 Oktober 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement